Resep Sehat Selama 30 Hari di Bulan Ramadhan ala Ustadz Dokter Zaidul Akbar

May 03, 2019



Akhir-akhir ini aku mulai follow dan kepoin akun instagramnya Ustadz dokter Zaidul Akbar. Beliau adalah seorang Ustadz, Dokter sekaligus penulis buku Jurus Sehat Rasulullah. Beliau mengarahkan kita untuk melakukan pengobatan dan hidup sehat sesuai sunnah Rasulullah SAW.

Sejujurnya sampai dengan saat ini, aku belum sempat untuk hunting membeli buku tersebut. Padahal sudah penasaran sekali. Semua penyampaian beliau tentang pengobatan tidak mengarahkan kita kepada obat-obatan kimiawi. Semua pengobatan yang beliau sampaikan menggunakan bahan-bahan alami tradisional yang gampang untuk didapatkan dan merupakan sunnah Rasulullah.

Setiap postingan beliau, selalu membuat aku tertarik dan penasaran untuk mencoba membuat resep sehat yang beliau bagikan. Semua pertanyaan hampir sering dijawab oleh beliau melalui media sosial instagram, sampai-sampai beliau pun sering membuat challenge praktek hidup sehat.

Karena tinggal 2 hari memasuki bulan Ramadhan. Salah satu yang membuat aku tertarik adalah postingannya tentang resep sehat selama 30 hari di bulan Ramadhan. Yang sudah memfollow akun instagram beliau, pasti sudah baca dan tahu dong apa saja resepnya. Untuk yang belum jangan khawatir, aku akan kasih tahu tentang resep sehat selama 30 hari di bulan Ramadhan ala beliau. Ini dia resep sehatnya :

1. Waktu Shubuh

- Shalat sunnah setelah berwudhu 2 rakaat
- Shalat sunnah qobliyah subuh 2 rakaat
- Zikir pagi
- Tilawah Al-Quran 1 juz
- Bersedekah
- Shalat sunnah syuruq 

2. Waktu Dhuha

- Shalat sunnah dhuha 12 rakaat
- Tilawah Al-Quran 1 juz
- Bersedekah

3. Waktu Dzuhur

- Shalat sunnah setelah berwudhu 2 rakaat
- Shalat sunnah qobliyah Dzuhur 4 rakaat
- Shalat Dzuhur
- Shalat sunnah badiyah Dzuhur 4 Rakaat
- Tilawah Al-Quran 1 Juz
- Bersedekah

4. Waktu Ashar

- Shalat sunnah setelah berwudhu 2 rakaat
- Sholat sunnah qobliyah ashar 4 rakaat
- Shalat Ashar
- Zikir sore
- Tilawah Al-Quran 1 juz

5. Waktu Maghrib

- Berbuka puasa ( 1 gelas air hangat, 3 butir kurma, 7 butir kacang almond atau pistachio)
- Shalat sunnah qobliyah Maghrib 2 rakaat
- Shalat Maghrib
- Shalat sunnah badiyah Maghrib 2 rakaat
- Bersedekah Ifthor jangan terlewat 
- Tilawah Al-Quran sampai menunggu isya

6. Waktu Isya

- Shalat sunnah setelah berwudhu 2 rakaat
- Shalat isya 4 
- Shalat sunnah badiyah isya 2 rakaat
- Shalat tarawih
- Bersedekah

Selesai tarawih dan sampai dirumah, lanjutkan untuk mengonsumsi buah-buahan terlebih dahulu dilanjut dengan sayur porsi sedang. Minumlah minyak zaitun 1 sdm, minum madu  1 sdm, minum beepolen 1 sdt dan minum propolis 5 tetes yang dicampur dengan air hangat.


Setelah selesai makan, istirahat lanjutkan tilawah sampai menunggu mengantuk. Tidur lau bangun untuk melaksanakan shalat tahajud dan selesai tahajud tilawah kembali sampai menunggu waktu sahur.

7. Waktu Sahur

- Makan kurma 3-7 butir
- Makan madu 1 sdm
- Mengonsumsi kacang almond atau pistachio 7 butir
- Minyak Zaitun 1 sdm
- Seporsi kecil aneka buah yang sudah dibaluri madu dan himsalt,
- Berdoa dan perbanyak istighfar, supaya Allah menguatkan ibadah puasa kita secara optimal

Untuk menambah tenaga bisa juga menambahkan seporsi atau dua porsi nasi merah atau nasi hitam dan protein seperti ikan atau sup.

***

Semua resep makanan yang ada di resep sehat 30 hari di bulan ramadhan diatas, tidak berlaku untuk wanita yang sedang hamil atau menyusui. Karena wanita hamil dan menyusui mempunyai rukhsoh.

Catatan penting dari dokter Zaidul Akbar adalah untuk senantiasa memperbanyak sedekah, baik sedekah langsung maupun sedekah online via transfer. Jangan lupa juga untuk menjaga Zikrulloh.

Kalau dilihat sekilas pasti nampaknya berat, tapi kalau balik lagi ke hakikat dan keistimewaan bulan Ramadhan, pasti banyak orang yang akan berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadahnya, karena kita tak pernah tahu apakah akan bertemu dengan Ramadhan kembali atau tidak.

11 bulan sepertinya cukup untuk kita berleha-leha. Di 1 bulan Ramadhan yang suci ini, rasanya sudah kewajiban kita untuk memperbaiki kualitas diri, kualitas ibadah dan kualitas asupan makanan untuk tubuh kita ini.

Yuk, mulai persiapkan bahan makanannya dan praktekkan 30 resep sehat untuk 30 hari di bulan Ramadhan ini.



*) sumber : instagram @zaidulakbar

You Might Also Like

21 Comments

  1. Masya Allah tuh dokter luar biasa inspiring yah, kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah.. sangat inspiring sekali. Udah pernah ikut kajiannya belum? Kemarin keBandung loh hehe

      Delete
  2. Teh mega kemarin dateng pas kajian? Sayangnya aku ga bisa. Pasti banyak ilmu yg didapat ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga sempet teh aku juga. Ngikutin sekilas via medsos

      Delete
  3. Wah Teh...kukira tadi resep masakan. Ini mah lebih dari resep masakan, soalnya engga perlu masaak.
    Pelan² nih nyobanya...
    Makasih inspirasinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama bunda. Aku juga sedang mencoba hehe

      Delete
  4. Resep yang istimewa sekali di bulan terbaik ini. Saya suka juga mbaca-mbaca artikel kesehatan ala nabi dari ustad ini. Konsep beliau itu menyeluruh untuk menuju sehat lahir batin ya
    semoga resepnya dapat kita coba laksanakan sedikit demi sedikit sepenuh hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak dewi konsepnya sederhana. Bahan-bahan yang dipakai buat pengobatan dan bikin tubuh lebih sehat pun mudah didapat jadinya ga susah buat nyoba

      Delete
  5. Alhamdulillah dapat info ini di sini, langsung de saya follow dan kepoin instagramnya Ustaz dr. Zaidu Akbar. Barakallah untuk beliau dan mbak Mega yang sudah kasi informasi ini.

    ReplyDelete
  6. Mudah-mudahan bisa mengikuti resep ini. Beberapa hari yang lalu, saya sempat melihat tulisan ini. Waktu itu sih sempat kepikiran untuk ikut tapi kemudian malah lupa. Alhamdulillah, kembali diingatkan lewat tulisan ini.

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah ... Sedih aku jika membandingkan diri sendiri. Masih jauuuh dari itu. Duhai, diri ini masih terlalu banyak alasan. Sholat sunnah nggak selalu dijalankan karena kembali duduk di balik meja kerja, tilawah belum sempurna karena sambil menemani anak-anak belajar, ahh ... masih banyak lagi yang lainnya. Semoga semakin hari semakin bertambah baik. Kebayangnya lelah banget. Tapi kapan lagi ya karena kita nggak pernah tahu sampai kapan ada di dunia.

    ReplyDelete
  8. Pola makan sehat adalah kunci untuk menjaga diri tetap sehat selama puasa ya mba Mega.. selain itu ibadah lainnya tentu saja bakalan bikin bulan suci makin penuh berkah. Semoga lancar yaas puasanyaa

    ReplyDelete
  9. Wahh, masih butuh banyak belajar saya kalo liat jadwal ibadah dan pola makannya. Masih jauh banget hikss..

    ReplyDelete
  10. Resepnya lebih ke pola hidup ya. Kalau dipraktikkan dengan sungguh-sungguh ini bener2 hijrah nih. Hijarh lahir batin. Tapi harus perlahan banget, biar jadi kebiasaan. AKu juga lagi memaksa lebih sehat dan tenang dalam beribadah. Pokoknya asal ada kesempatan aja lebih tumaninah. Semoga istiqamah ya, Teh. Amiin

    ReplyDelete
  11. Masya Allah benar-benar cara hidup sehat

    ReplyDelete
  12. Wah resep 30 hari sehat di bulan Ramadhan..lengkaaap sekali
    Dan senantiasa juga memperbanyak sedekah...terima kasih sudah sharing ini mbak Mega. Jadi diingatkan saya

    ReplyDelete
  13. Wah, penggemar Dokter Zaidul Akbar juga ternyata :)
    Saya punya buku JSR-nya beliau. Bagus banget walaupun belum semuanya saya praktikkan.
    Semua yg ada Di instagram beliau jika dipraktikkan secara kontinyu akan membuat kita jadi muslimah sehat lahir batin. Salut dengan cara beliau berdakwah di bidang kesehatan sesuai sunnah Rasulullah

    ReplyDelete
  14. Beberapa kali saya menemukan postingan teman yang lagi bahas soal jurus sehat ala rasulullah dari ustaz Zaidul Akbar mbak. Dan sepertinya enak banget buat mendukung puasa tetap sehat, ya.

    ReplyDelete

Contact




Email : megharachma3105@gmail.com
Whatapps : 085221555924

Popular Posts