Mengenal Air Nabeez dan Segudang Manfaatnya

May 12, 2019



Dari Aisyah dia berkata, “Kami biasa membuat perasan untuk Rosululloh di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hari.” 
(H.R. Muslim)


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Gak kerasa yah kita sudah memasuki hari ke tujuh di bulan Ramadhan ini. Gimana masih pada kuat gak puasanya? Untuk kamu yang kerja apa seringnya ngerasa lemas? Kalau aku sih jujur aja, kerasa banget lemas dan kadang-kadang juga muncul sakit kepala mendadak dan yang pasti bakalan ngeganggu banget ibadah puasa.

Seperti di postingan aku sebelumnya, aku mulai mengikuti akun instagram seorang dokter sekaligus ustadz dan pengajar yaitu Dokter Zaidul Akbar. Salah satu yang membuat aku tertarik adalah segudang manfaat apabila kita mengonsumsi salah satu buah surga yaitu buah kurma.

Kurma merupakan salah satu buah kesukaan Rasulullah SAW. Cara mengonsumsinya pun sekarang mulai berkembang, dari yang dimakan langsung atau dibuat infused water seperti yang biasanya Rasulullah lakukan.

Air Kurma atau Nabeez namanya. Nabeez merupakan air rendaman buah kurma atau kismis yang direndam dalam waktu 8-12 jam sebelum dikonsumsi. Sebaiknya pilih buah kurma dengan kualitas terbaik yah, agar khasiatnya bisa dirasakan langsung. Jumlah kurma yang direndam pun harus mengikuti sunnah Rasulullah, yaitu ganjil antara 5-7 butir.

Bagaimana sih cara buat Air Nabeez?

Cara membuat air nabeez sangatlah mudah. Yuk intip cara membuat Nabeez.

Bahan-bahan
5-7 butih kurma
300 - 500 ml air putih

Caranya
1. Pilih kurma dengan kualitas terbaik seperti kurma sukari atau ajwa
2. Buang biji kurma lalu tekan kurma secara perlahan
3. Masukkan pada air yang telah disediakan
4. Rendam dalam botol tertutup selama 8-12 jam dalam suhu ruang
5. Bila sudah 12 jam, langsung dikonsumsi

**boleh disimpan sampai dengan 2 hari tapi di suhu kulkas, bila lebih dari 2 hari tidak boleh lagi dikonsumsi karena air rendaman akan berubah menjadi alkohol (khamr) dan haram untuk dikonsumsi.

Manfaat apa sih yang didapat jika mengonsumsi Nabeez?


Air Nabeez

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan jika sering mengonsumsi air nabeez. Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan setelah mengonsumsi nabeez

1. Mengatasi Sembelit dan Memperlancar Pencernaan

Buah kurma sering juga disebut dengan makanan pencahar. Mengapa demikian? karena kandungan serat pada kurma cukup tinggi, sehingga dapat melancarkan pergerakkan usus dan membuat makanan yang lewat akan dengan mudah untuk dicerna.

Banyaknya kandungan asam amino pada kurma, dapat merangsang proses pencernaan makanan lebih efisien, yang artinya nutrisi akan lebih banyak diserap oleh saluran pencernaan dan masuk kedalam tubuh secara optimal.

2. Menjadi alat detoksifikasi dalam tubuh

Meminum air nabeez pun bisa digunakan sebagai sarana detoksifikasi toksin dalam tubuh. Air Nabeez yang sering dikonsumsi dapat membuang kelebihan asam pada perut dan memulihkan sistem pencernaan. Itu artinya semua toksin dalam tubuh bisa diatasi dengan rutin meminum air nabeez ini.

Dengan kandungan anti oksidan yang baik pada kurma, membuat tubuh akan terlindungi dari radikal bebas yang seringkali merusak sel yang bahkan dapat menyebabkan kanker, Zat-zat anti oksidan pada kurma antara lain polifenol, sterol, tanin dan karoten.

3. Meningkatkan kinerja otak

Kandungan kalium pada buah kurma yang tinggi, membuat cara kerja oksigen ke dalam tubuh sampai ke otak dapat dikendalikan dengan baik sehingga cairan dalam tubuh pun berjalan dengan lancar.

Kalium sendiri merupakan salah satu bahan utama dalam menunjang sistem saraf yang sehat dan responsif juga untuk meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan aktivitas otak. 

4. Menjadi Energy Booster

Tidak hanya cocok dikonsumsi saat bulan Ramdhan, atau saat menjalani puasa, kurma dan olahannya yaitu air nabeez sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari. Dengan kandungan gula alami, kurma bisa dijadikan sebagai cemilan dan minuman untuk meningkatkan energy booster

Kurma juga bisa dikonsumsi setelah kamu lelah melakukan olah raga. Dijamin deh, energy kamu akan kembali. 

5. Menyehatkan Jantung dan Menstabilkan Tekanan Darah

Kurma mengandung salah satu zat yang bernama Potasium. Potasium dalam tubuh berfungsi untuk menjaga jantung agar tetap sehat dan bisa menstabilkan tekanan darah. Potasium juga dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom kita untuk mengontrol detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologi penting lain. 

Potasium juga terbukti membantu menurunkan tekanan darah dan berperan dalam fungsi kejut saraf (sebuah respons otomatis terhadap rangsangan), dan kontraksi otot.

Yang perlu diketahui adalah kalau kamu kekurangan potasium dalam tubuh maka kamu akan cepat lelah dan penurunan kekuatan. 

***

So, banyak sekali manfaat dari mengonsumsi air nabeez ini. Tidak hanya cocok diminum saat berpuasa, tapi juga cocok apabila dijadikan infused water untuk sehari-hari. Selain sunnah, air nabeez pun menyehatkan.

Jadi, mau buat air nabeez sekarang?

You Might Also Like

3 Comments

  1. Cukup mudah membuatnya namun khasiatnya luar biasa. Nice sharing mba

    ReplyDelete
  2. Info air nabeez ini sudah cukup lama tahu, tapi belum praktik sampai saat ini, karena kebetulan di rumah saya dan anak-anak pada kurang suka kurma, sangat manis. Namun mengingat manfaatnya sangat wajib segera praktik nih.

    ReplyDelete

Contact




Email : megharachma3105@gmail.com
Whatapps : 085221555924

Popular Posts