7 Amalan Penting Yang Wajib Dilakukan Saat Bulan Ramadhan

May 04, 2019





Marhaban Ya Ramadhan

Berlomba-lombalah dalam kebaikan 
(QS Al-Baqarah :148)


Hanya tinggal hitungan jam saja kita akan memasuki bulan yang penuh rahmat, bulan yang penuh dengan ampunan, bulan yang penuh dengan berkah, bulan yang dimana kita berdoa pasti akan dikabulkan, bulan yang dimana kita tidurpun akan menjadikan pahala bagi kita. Bulan Ramadhan telah datang. Ramadhan yang telah kita nantikan akhirnya datang didepan mata. Semoga kita senantiasa disampaikan ke bulan suci Ramadhan.

Semua orang pasti ingin ibadahnya di bulan Ramadhan kali ini lebih baik dari bulan Ramadhan sebelumnya. Kenapa? karena kita belum tentu bisa berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan tahun depan.

Untuk itu marilah raih pahala dan ampunan sebanyak-banyaknya melalui amalan-amalan yang dapat kita kerjakan. Baik amalan wajib maupun amalan sunnah.

Mengutip kalimat dari Ustadz sekaligus Dokter Zaidul Akbar berkata Ramadhan bukan bulan untuk sibuk mikir akan makan apa untuk sahur dan buka puasa, tapi Ramadhan adalah bulan untuk merasakan lapar bukan malah kekenyangan.

Sebagai panduan dalam beribadah di bulan yang suci ini, ada 7 amalan penting yang wajib dilakukan saat bulan Ramadhan, yaitu :

1. Melakukan taubatan nashuha

Dari Syaikh ibnu Baz Rahimahullah menjelaskan tidak ada amalan-amalan khusus untuk menyambut bulan Ramadhan, selain bergembira, dan melakukan taubatan nashuha, dan melakukan persiapan untuk berpuasa dan bertekad menghidupkan bulan ramadhan.

2. Beribadah dan beraktivitas dengan ikhlas lillahi ta'ala

Ikhlas disini tidak hanya soal ikhlas secara fisik saja, tapi ikhlas disini mencakup ikhlas hati juga. Menyerahkan segala urusan hanya kepada Allah. Menjalankan ibadah dengan sungguh-sungguh dan hanya berharap ridho Allah bukan karena ingin dipuji oleh manusia.

3. Melakukan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam

Dari ‘Amr bin ‘Auf bin Zaid al-Muzani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 
"Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun."

Melakukan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ini, mencakup melakukan segala sesuatu yang bersumber dari Rasulullah, baik ucapan, perbuatan maupun penetapan beliau yang ditujukan bagi syariat islam.

4. Memperbanyak amalan saleh

Memperbanyak melakukan amalan-amalan saleh baik yang bersifat wajib maupun yang bersifat sunnah. Seperti, menambah sholat sunnah dalam setiap melaksanakan sholat wajib, melakukan shalat malam, menyegerakan berbuka puasa, melaksanakan sahur, memberi makan untuk orang yang berpuasa dan amalan-amalan saleh lainnya.

5. Tilawah Al-Quran

Membaca Al-Quran termasuk dalam ibadah paling Agung, apalagi dikerjakan saat bulan suci Ramadhan. Disuatu hadits dijelaskan, "Bacalah Al Qur’an, sesungguhnya ia akan datang memberikan syafa’at kepada para pembacanya pada hari kiamat." (HR Ahmad).

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda,
"Siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah, maka ia mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dihitung sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf." (HR Tirmidzi).

6. Memperbanyak sedekah

Mengapa kita perlu memperbanyak sedekah saat bulan suci Ramadhan? karena telah dicontohkan oleh Rasulullah, Rasulullah pun dikenal sebagai orang yang sangat dermawan. 

Sampai Rasulullah SAW bersabda, 
"Sesungguhnya di dalam surga terdapat kamar-kamar yang luarnya terlihat dari dalamnya, dan dalamnya terlihat dari luarnya.” Seorang arab badui berdiri dan berkata, “Untuk siapa wahai Rasulullah?” Rasulullah bersabda, “Untuk orang yang membaguskan perkatannya, memberi makan, senantiasa berpuasa, dan shalat malam karena Allah sementara manusia sedang terlelap tidur." (HR Tirmidzi).

Hal yang paling menarik dan ajaib dari bersedekah adalah bukan malah mengurangi harta tapi justru dapat melipatgandakan harta. Hal ini dijelaskan dalam hadits mengenai keutamaan tentang sedekah yaitu 

"Siapa yang bersedekah dengan sebutir kurma dari hasil usaha yang halal, dan Allah tidak menerima kecuali yang halal, maka Allah akan menerima dengan tangan kananNya, lalu mengembang biakkannya sebagaimana seseorang dari kamu mengembang biakkan anak kudanya sehingga menjadi sebesar gunung." (HR Bukhari dan Muslim)

7. Menjaga lisan, pendengaran dan penglihatan

Agar puasa kita menjadi ibadah yang sempurna, kita pun harus bisa menjaga lisan, pendengaran dan penglihatan dari hal-hal yang dapat membuat ibadah puasa kita menjadi sia-sia. Jangan sampai pahala puasa kita habis karena kita tidak bisa menjaga 3 panca indera tersebut.

Perbanyaklah membasahi lisan kita dengan berdzikir atau membaca Al-Quran, perdengarkanlah telinga kita dengan kajian-kajian yang dapat menambah keimanan dan sehatkanlah penglihatan kita dengan banyak melihat keagungan Allah.

Allah berfirman dalam Surat Al-Israa ayat 36,
"Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan dimintai pertanggungjawaban."

***

Mudah-mudahan aku dan kamu, iya kita semua dapat melaksanakan 7 amalan penting wajib di bulan Ramadhan ini. Insya Allah. Barakallah fiik.


You Might Also Like

0 Comments

Contact




Email : megharachma3105@gmail.com
Whatapps : 085221555924

Popular Posts