#AyoHijrah Untuk Berani Lebih Baik Bersamaku dan Bank Muamalat Indonesia

April 29, 2019




Wahai Sahabat bertemanlah denganku didunia dan kelak berkumpullah bersamaku di surga. 
Bila kelak kau tak temukan aku disurga, carilah aku, bilang pada Allah bahwa kita pernah duduk bersama untuk saling menguatkan karena Allah, kita pernah saling mencintai karena Allah


Aku yang masih menapaki jalan hijrah. Mulai menemukan secercah harapan dengan bertemu sahabat-sahabat surga. Sahabat-sahabat yang senantiasa membimbing, mengingatkan dan menguatkan.

Aku yang dulu hidup tak tentu arah, kini telah belajar untuk hijrah. Hijrah dari kehidupan yang tidak baik ke arah yang lebih baik, Insya Allah. Tak banyak ilmu yang aku punya, berbekal ilmu saat mengaji waktu kecil dan sedikit ilmu yang kadang aku baca di sosial mediaku. Tapi tahun 2018 merupakan titik awalku. Ayo hijrah bersamaku.

Tahun 2018 Titik Awal Hijrah


Tahun 2018 bisa dibilang titik awal aku hijrah. Aku berhenti dari pekerjaanku yang bersifat ribawi. Padahal aku sudah bekerja kurang lebih 6 tahun. Aku pun mulai menutup semua kartu kredit yang aku punya. Aku juga menarik beberapa tabungan investasi di bank umum karena tak mau terkena riba. Pokoknya aku mulai tidak percaya dengan yang namanya investasi berbunga di bank.

Waktu awal memang semua itu agak sulit. Terutama untuk kartu kredit. Mengingat seringnya aku memakai kartu kredit untuk memenuhi nafsu gaya hidupku bukan untuk kebutuhan. Bisikan setan untuk memakainya kalau melihat diskon di sebuah mall atau toko online terasa kencang sekali. Sehingga seringkali aku langsung menggeseknya tanpa pikir panjang padahal hutang sudah menumpuk dibelakang.


Iya itulah aku yang dulu, aku yang boros, aku yang hedon.

Setelah berhenti bekerja, aku pun sempat kehilangan kepercayaan diri. Dari tadinya seorang pekerja kini menjadi seorang ibu rumah tangga yang tinggal dirumah. Waktu untuk memegang handphone pun menjadi lebih banyak. Kadang timbul rasa iri dan penyesalan, melihat postingan dari teman-temanku yang bekerja. Aku pun seperti kehilangan teman untuk berkomunikasi. Mereka yang dahulu selalu ada kini sibuk dengan urusannya.

Secercah harapan datang ketika aku mengenal dunia menulis khususnya blogging pada Juni 2018. Aku sempat mengikuti beberapa kelas online untuk mengasah kemampuan menulisku. Mulailah aku membuat blog pribadi yang bisa menjadi wadah tempatku mengutarakan segala isi hati.




Tahun 2018 pula aku mulai mengikuti beberapa kajian. Setiap kali aku mengikuti kajian, setiap kali itu pula iman aku naik seketika. Aku bisa menjadi manusia kuat. Melalui jalan kajian ini pula akhirnya aku dipertemukan dengan sahabat-sabahat baru. Mereka sahabat surgaku. Mereka adalah sahabat-sahabat yang mempunyai visi yang sama denganku. Sepaham agar hijrah kami menjadi lebih baik.

Akhirnya satu hal yang aku sadari, Allah pula yang menyeleksi orang yang akan dekat dengan kita apakah mereka akan membawamu ke surga atau akan menarikmu ke neraka. 

"Barangsiapa berhijrah dijalan Allah, niscaya mereka akan mendapati dimuka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rejeki yang banyak" (QS An-Nisa :100)

Sahabat Surgaku

Buat kamu yang ingin berhijrah, Ayo hijrah sekarang jangan dinanti-nanti, jangan ditunda-tunda berhijrahlah untuk berani menjadi lebih baik. Karena kebaikan pasti akan membuahkan hasil yang besar untuk kita nanti di yaumul akhir.

Berikut tips untuk yang mau berhijrah ala aku :



Dalam menjalani proses hijrah yang tidak mudah ini, tentunya akupun butuh support system yang sesuai syariat. Salah satu support system yang aku butuhkan adalah lembaga keuangan. Karena sekarang aku sudah tidak bekerja lagi, otomatis rekening gaji di bank umum dulu memang sudah tidak terpakai. Aku pun sempat kehilangan kepercayaan untuk menyimpan uangku di bank umum yang masih ada unsur riba.

Akhirnya setelah aku mencari beberapa referensi bank syariah yang betul-betul sesuai syariat ternyata ada yaitu Bank Muamalat Indonesia. Tentunya sebelum aku yakin akan menyimpan dana ke Bank Muamalat Indonesia, aku harus tahu dulu profilnya, agar aku benar-benar yakin kalau tabunganku kelak tidak ada lagi unsur riba.

Bank Muamalat Indonesia, Lembaga Keuangan Syariah Terpercaya




Bank Muamalat Indonesia hadir sebagai lembaga keuangan syariah tercepaya yang cara kerjanya pun dilakukan sesuai syariat. Setelah aku baca di profil yang tersedia, ternyata Bank Muamalat Indonesia memulai perjalanan bisnisnya sebagai bank syariah pertama di Indonesia pada tanggal 1 November 1991. Pendirian Bank Muamalat Indonesia ini digagas langsung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendekiawan Muslim (ICMI), dan pengusaha muslim yang kemudian mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Indonesia.

Selain melayani kegiatan menghimpun dana melalui produk tabungan syariah, Bank Muamalat Indonesia pun memberikan layanan pembiayaan syariah, DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) Muamalat, dan BaitulMaal Muamalat dalam bentuk penyaluran dana Zakat, Infak dan Shodaqoh (ZIS).

Masya Allah ternyata Bank Muamalat Indonesia digagas langsung oleh MUI. Semakin yakin aku untuk menempatkan danaku disini.

Bagaimana sih jika ingin memiliki produk syariah dari Bank Muamalat Indonesia?

Karena aku baru mau memulai jadi nasabah dari Bank Muamalat Indonesia, tentunya aku harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana alur agar aku dapat menjadi nasabah di Bank Muamalat ini. Setelah aku baca, ada 3 hal yang wajib diketahui sebelum memutuskan menjadi nasabah di Bank Muamalat indonesia :

1. Kenali Kebutuhan Keuangan. Apakah produk tersebut ditujukan untuk diri sendiri atau untuk perusahaan

2. Pilih produk. Apakah untuk produk yang bisa diambil sewaktu-waktu seperti tabungan atau untuk produk jangka panjang seperti investasi

3. Tentukan pilihan. Setelah tahu produk yang diinginkan barulah pilih produk yang tersedia di Bank Muamalat Indonesia. Detail produk bisa dilihat disini

#AyoHijrah bersama Bank Muamalat Indonesia untuk Berani Lebih Baik


Source by www.bankmuamalat.co.id

Untuk mendukung proses hijrah, Bank Muamalat Indonesia melalui campaign #AyoHijrah mengajak para calon nasabah dan nasabah Bank Muamalat untuk lebih mengenal lagi tentang lembaga keuangan syariah di Indonesia.

Gerakan #AyoHijrah ini dilatarbelakangi untuk memperkenalkan Bank Muamalat Indonesia sebagai bank pertama murni syariah di Indonesia. Tidak hanya syariah secara namanya saja, namun syariahnya diperluas pada fungsi, dari yang sebelumnya hanya sebatas penyedia layanan perbankan syariah, kini menjadi agen penggerak semangat umat untuk terus-menerus meningkatkan diri ke arah ajaran islam yang lebih baik, sempurna dan menyeluruh (kaffah).

Inti dari gerakan #AyoHijrah Bank Muamalat Indonesia ini, mengajak para kaum muslimim untuk tidak hanya hijrah secara ibadah tapi juga hijrah lebih baik dalam hal mengelola keuangan.

Beberapa gerakan #AyoHijrah pun dilaksanakan, seperti :

1. Seminar dan edukasi tentang perbankan Syariah
2. Open booth di pusat kegiatan masyarat
3. Kajian Islami dengan narasumber dari kalangan ulama
4. Pemberdayaan masjid sebagai salah satu agen perbankan Syariah

Semoga dengan didukung oleh gerakan #Ayohijrah dari Bank Muamalat Indonesia ini, banyak kaum muslimin yang tadinya ragu untuk menyimpan dana di bank karena takut riba menjadi tidak takut dan ragu lagi karena ada lembaga keuangan yang syariah dan kaffah.


You Might Also Like

42 Comments

  1. Hijrah itu emang gak mudah ya Mbak, harus di lakukan sedikit demi sedikit agar hati terasa lapang menerimanya

    ReplyDelete
  2. Yang bikin susah itu bulatkan hati dan istiqamah yah teh..insyaallah..mudah-mudahan selalu ada dalam jalan Allah Swt..Aamiin yra..

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah punya teman-teman yang sevisi. Mudah-mudahan bank muamalat bisa menjadi leader menuju kehidupan berbangsa yang lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mudah-mudahan bank muamalat bisa menjadi wadah untuk mensupport kita yang mau hijrah yah

      Delete
  4. Mashaa Allah ceritanya sangat menginspirasi...
    Good luck juga ya teh :)

    ReplyDelete
  5. Smoga kita smua slalu istiqomah dalam jalan yg Allah ridhoi ya teh..

    ReplyDelete
  6. Aku pun lagi belajar buat hijrah nih Teh so inspiring cerita Teteh :)

    ReplyDelete
  7. Masya Allah senangnya dikelilingi orang2 baik yah, kak. Btw aku jg sdh menutup kartu kredit 2 tahun lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas kartu kredit memang sangat2 mengganggu

      Delete
  8. Teteeeeh, masya Allah, aku bacanya terharu teh. Semoga selalu d berikan kesabaran dalam meniti jalan-Nya ini ya teh. Aku juga mau beralih dari bank konvensional nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah tabarakallah iya ayok beralih ke bank konvensional

      Delete
  9. Thank for sharing ga semoga kita lebihberkah dalam mengelola keuangan ya :)

    ReplyDelete
  10. Masya Allah Tabarakallah, aku merinding bacanya. Semoga tetep istiqomah yaaa

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah,smoga suami bisa cpt2 hijah juga...Aamiinn

    ReplyDelete
  12. Masyaallah senengnya baca tulisan teteh. Alhamdulillah dikelilingi orang2 positif. InsyaAllah berkah sgalarupina. Amin ��

    ReplyDelete
  13. Kepengen banget bisa hijrah sejak dulu. Dan sekarang kayak diingetin. Semoga bisa segera hijrah total, terutama tabungan syariah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih teh semoga aku juga bisa hijrah total yah aamiin

      Delete
  14. yang aku tahu bank muamalat itu bank syariah..
    pengen banget hijrah ke bank muamalat

    ReplyDelete
  15. Semoga Allah mampukan kita semua istiqomah dalam proses hijrahnya. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Allah semoga Allah mampukan dan mudahkan jalan kita untuk menjadi lebih baik

      Delete
  16. Barakallahu teteh,semoga diberikan keistiqomahan dalam proses hijrahnya..aamiin. Oia, aku juga salah satu nasabah bank muamalat loh, lebih nyaman dan aman menabung disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barakallah juga teteh.. aamiin semoga kita mendapatkan istiqomah yah dalam perjalanan hijrah yang gak mudah ini. Wah bagus nih idah hijrah juga ke bank muamalat masyaAllah

      Delete
  17. Salam kenal kak, kisah kita hampir sama soal hijrah.. Tetap semangat kak.. Tulisannya menarik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. Iya tetep semangat juga yah untuk menjadi lebih baik.. aamiin Hamasah

      Delete
  18. Wah keren, bisa resign dari tempat kerja yang di masyarakat dipandang bergengsi dan berpenghasilan besar. Tahu banget gimana rasanya resign dan sedih lihat temen2 yg sibuk kerja. Dan tahu juga gimana rasanya tutup kartu2 kredit. Tapi demi hijrah, ya. Perlahan2 kerasa manfaat dan tenangnya hati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener teh pelan-pelan makin kesini makin tenang hati tanpa hutang

      Delete
  19. Masya allah teh sangat menginspirasi, memang hijrah itu ga mudah aku juga lg belajar sedikit demi sedikit teh

    ReplyDelete
  20. Agak serem juga ya ternyata pake crefit card, alhamdulillah aku mah belum pernah pakai soalnya suami udah jelasin dari awal perkara hutangnya belum riba nya. Bank Muamalat ini memang cocok banget buat kita para muslim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem banget teh, apalagi buat tipe orang yang lapar mata hehe doyan belanja. Iya alhamdulillah ada bank muamalat yah teh

      Delete
  21. Duh masih wacana aja euy buat hijrah ke bank syariah..mudah2an tahun ini segera terealisasi

    ReplyDelete
  22. Masya Allah.. alhamdulillah ya.. nambah ilmu ttg perbankan syariah.. juga dipertemukan dengan lingkaran pertemanan yg positif..

    ReplyDelete
  23. Hijrah sekampung, seprovinsi dan senegara menjadi menakjubkan

    ReplyDelete
  24. Masya Allah teh, salut banget sam perjalanan hijrahnya. Semoga terus istiqomah ya tehtehku

    ReplyDelete

Contact




Email : megharachma3105@gmail.com
Whatapps : 085221555924

Popular Posts