Kajian Personal Branding dan Etika Blogger bersama Katarasa Event

March 19, 2019



Sebagai blogger pemula, tentunya aku selalu antusias kalau sudah mengikuti event. Apalagi event talkshow yang kaya akan ilmu. Mau itu tentang dunia blogger ataupun hal-hal yang berkaitan dengan dunia literasi. Selalu banyak yang bisa aku eksplore dari kegiatan seperti ini.

Rabu tanggal 13 Maret 2019 aku mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kajian Personal Branding dan Etika Blogger yang diselenggarakan melalui kerjasama dengan kata rasa event.

Acara yang dimulai pukul 10.00-13.00 menghadirkan dua narasumber yaitu Mbak Nurma Larasati yang merupakan CEO dari start up Halal Local dan Teh Erry Andriyati yang merupakan seorang blogger dengan niche drama korea. Bertempat di salah satu tempat ngopi di kawasan Gasibu Bandung yaitu Coffee Toffee menambah suasana sharing menjadi lebih menyenangkan.

Venue Coffee Toffee Gasibu

Dimulai dengan sambutan dari teteh Siswiyanti Sugi yang menyampaikan rasa terimakasih kepada para peserta kajian yang sudah berkenan hadir dan berharap bisa mendapatkan ilmu dan manfaat dari acara kajian ini.

Sambutan dari Teh Siswiyanti Sugi


Sekilas materi dari sponsor JD.id

Penyampaian materi oleh pihak JD.id

Setelah sambutan selaesai, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari salah satu sponsor acara yaitu JD.id. JD.id menjelaskan tentang program terbaru yang bernama JD Partners (JDP). JD Partners ini merupakan program yang diberikan dalam bentuk cashback. Lalu bagaimana caranya menjadi JD Partners? berikut adalah tata caranya :

1. Pastikan membuat akun terlebih dahulu di JD.id
2. Setelah akun terbentuk pastikan untuk daftar di https://ds.jd.id/#/authorize
3. Apabila sudah daftar, maka JD Partners akan diundang oleh admin untuk masuk ke grup resmi JDP sesuai area masing-masing
4. Jika JDP mengajak customer lain, dan customer tersebut berbelanja maka JDP akan mendapatkan cashback dari pembelanjaan tersebut
5. Jika JDP ingin mendapatkan cashback langsung dibulan yang berjalan, maka JDP harus merekrut JDP dan customer baru yang harus aktif belanja minimal sekali dalam satu bulan
6. Cashback akan dikirimkan via transfer setiap tanggal 25 bulan berikutnya
7. Bagi JDP yang berhasil membangun jaringan besar, tidka menutup kemungkinan akan di tarik untuk full time dengan salary yang akan ditentukan pihak JD.id
8. Jika ingin mendapatkan info lebih lanjut, bisa menghadiri Training Dasar 1 yang diadakan oleh tim direct sales JD.id

Nah, itu dia tatacara untuk gabung menjadi JD Partners. So easy guys.

Personal Branding by Nurma Larasati

Personal Branding by Nurma Larasati

Masuk ke acara inti yaitu dimulai dengan sharing materi tentang Personal Branding dari CEO Halal Local Mbak Nurma Larasati. Mbak Nurma menceritakan tentang dirinya sendiri dalam mencari jati diri dan menentukan personal brandingnya. Dimulai sejak sekolah, mbak Nurma termasuk orang yang memiliki kemampuan komunikasi dan sosial yang menurutnya rendah, tidak percaya diri, pernah di bully, takut bersosialisasi dengan orang-orang sampai saat menyelesaikan Sekolah Menengah Atas, mbak Nurma tidak bisa membangun personality dengan baik.

Semua permasalahan mengenai personality akhirnya dapat teratasi semenjak beliau mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Malaysia. Menurutnya dari Malaysia inilah petualangan untuk menemukan "Personal Branding" dimulai.


Apa sih yang dilakukan mbak Nurma sehingga yakin bisa menentukan personal branding?

Menurutnya salah satu pencapaian untuk menemukan personal branding adalah dengan keluar dari zona nyaman. Tidak perlu secara extreme, tapi cukup lakukan secara perlahan. 

"Saya yang tadinya takut untuk bersosialisasi, mencoba untuk mengikuti hampir semua kegiatan mahasiswa, mulai dari silat, accounting club, arabic society club, japanese society club, chinese society club, IT society dan lainnya."  Nurma Larasati

Mbak Nurma membeli map penyimpan file yang berfungsi untuk mengumpulkan paling sedikit 40 sertifikat dari semua kegiatan yang diikuti. Ini merupakan target yang dibuat oleh mbak Nurma sendiri. (wow menarik sekali yah)


Setelah menyelesaikan studi, pada tahun 2016 mbak Nurma mulai membangun sebuah start up yang bernama AstraJingga dibantu oleh 5 investor. Astrajingga bertransformasi menjadi sebuah PT di tahun 2017 dan mengeluarkan 2 buah start up product yaitu Monica dan Halal Local. Monica merupakan sebuah aplikasi digital financial advisor. Sedangkan Halal Local adalah aplikasi pencarian untuk membantu para muslim travellers mencari restaurant dan masjid di 110 negara. 

Sayangnya untuk aplikasi Monica masih tersendat dengan investor, sehingga masih harus dikaji lebih lanjut.

Berkat keberhasilannya membangun personal branding yang baik, Mbak Nurma sudah membawa produk Halal Local ke Global Stage, seperti :


1. NTT Communication Startup Challenge 2018 di 2 kategori yaitu 
- Orange Fab Award Winner at Jakarta Final
- Orange Fab Demo Day in Tokyo, November 2018

2. StartCOn Pitch fou AUD 1 Million Competition, Sydney, Australia (November 2018)
Top 6 out of 650+ startups in Asia Pacific

Semua pencapaian ini, tak lepas dari berhasilnya mbak Nurma membangun personal branding yang baik. Selain keluar dari zona nyaman, ada 3 hal lain yang harus diketahui untuk menentukan personal branding yaitu Passion, Skills dan Opportunity & needs.

Sukses terus untuk Astrajingga dan Halal Localnya yah mbak, semoga semakin bertambah referensi negara yang ramah muslimnya.

Etika Blogger by Erry Andriyati

Etika Blogger by Erry Andriyati

Kalau Blogger Bandung, siapa sih yang nggak kenal sama blog www.bibi-titi-teliti.com? seorang ibu yang doyan sekali sama drama korea, sehingga sudah memonetisasi blog dan sosial medianya dengan dunia perkoreaan. Teh Erry menjelaskan tentang apa saja sih etika yang harus dimiliki seorang blogger. Menurut Teh Erry seorang blogger itu harus mempunyai minimal 2 etika wajib, yaitu :

1. Konten

Konten yang ditulis harus bersifat original bukan plagiat. Kalau menuliskan informasi berupa data, statistik, opini harus bisa menghargai sumber dengan mencantumkan nama referensinya. Yang tidak kalah penting adalah setiap konten yang dibuat dan dipublikasikan harus bisa dipertanggungjawabkan.

2. Attitude

Ada setidaknya 4 attitude yang harus dimiliki oleh seorang blogger, yaitu :
- On Time. Datang tepat waktu saat menghadiri event dan tepat waktu juga dalam mengumpulkan tugas
- Kalau sekiranya tidak bisa datang ke sebuah event. Jangan melakukan cancel secara mendadak
- Berkomitmen dan menjaga integritas. Jangan melakukan blackcampaign dan jangan pernah mengambil job yang sama dalam waktu yang berdekatan, karena akan terlihat seperti blogger yang nggak profesional
- Menghargai perbedaan sesama blogger. Jangan merasa blog kita lebih baik dari blog orang lain, karena tujuan dan passion menjadi blogger pasti beda-beda

Conclusion

Dari 2 narasumber diatas aku bisa mengambil kesimpulan bahwa untuk mencapai personal branding yang baik kita harus mengetahui dulu passion kita apa, skills yang kita miliki apa dan challengelah diri kita untuk keluar dari zona nyaman. 

Sebagai seorang blogger, mau itu pemula atau sudah lama sebaiknya memang memiliki attitude yang baik dan harus saling menghargai sesama blogger serta berkomitmen menjaga konten yang sudah dibuat. No plagiarisme.

***

Akhir Acara

Di akhir acara kajian personal branding dan etika blogger ini, ditutup dengan makan siang dan foto bersama. Semoga di lain kesempatan dapat dilaksanakan lagi kajian literasi dengan tema menarik lainnya. 

Lunch

Foto Bersama

Terimakasih untuk semua pihak yang telah memberikan kesempatan untuk aku mengikuti kajian bermanfaat ini. Semoga setelah mengikuti acara ini aku dapat menjadi seorang blogger yang beretika baik aamiin. Sampai jumpa.






You Might Also Like

20 Comments

  1. Wah ini acaranya padat berisi banget ilmunya. Semoga makin sukses ya mbak.. menjadi blogger dengan branding yang oke punya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mbak.. yang masih susah adalah memonetisasi blog piye toh masih nano-nano hehe

      Delete
  2. Acaranya seru dan materinya bagus. Sayang banget waku itu ak nggak bisa datang ��

    ReplyDelete
  3. Acara keren ya mba. Duuuh bikin aku mupeng deh. Secara masih susah ikutan off air event kek gini harus bawa buntut ke mana-mana hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yah terkecuali eventnya boleh bawa anak-anak yah pasti enak

      Delete
  4. duh maaf mba saya galfok sama lunchnya, ngiler masa wkwkwk. emang doyan makan sih saya, heu. Seru ya ikutan acara blogger gini, saya belum pernah ikut, jadi pengen. keren-kerennya banget ilmu personal branding dan etika bloggernya, saya jadi belajar banyak. makasih mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha makanannya itu rice bowl mbak..enak hehe. Hayu atuh mba stef kalo ada waktu ikut event biar bisa jalin silaturahmi secara langsung di dunia nyata hehe

      Delete
  5. "Daging" banget acaranya. Aku setuju banget untuk urusan attitude. Dan memang sebaiknay dimulai sejak masih awal sih. JAdi udah jadi kebiasaan gitu. Referensi nih aku yg sering lupa. Noted banget. Harus mulai ditambahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya attitude harus mulai dibenahi ternyata dunia blohher juga lumayan kenceng nih pergolakannya hehe

      Delete
  6. Acara seperti ini sangat sayang kalo dilewatkan ya mbak, beruntunglah blogger yang mendapat kesempatan untuk ikut acaranya. Sukses tetus ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sayang banget dilewatkan kalo memang bisa dan waktunya memungkinkan lumayan dapat tambahan ilmu hehe

      Delete
  7. Saya sepakat dengan mba Nurma Larasati, terkadang untuk bisa sukses kita harus keluar dari zona nyaman. Btw, kuliahnya di Malaysia bagian mana, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ga diceritain mbak kuliah di Malaysianya di univ mana. Hehe lebih ke personal banyaknya cara dia mengubah dirinya dari yang kuper jadi bisa seperti sekarang

      Delete
  8. Acara yg keren, sarat ilmu & seruuu. Saya ingin sekali-kali ikut acara seperti tsb, tp beberapa kali event bentrok sama acara keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kebetulan weekday bun jadi bisa hehe coba kalo weekend sama suka bentrok juga hehe

      Delete
  9. Personal Branding dan etika...wwaw keren banget ini ilmunya
    Salu akutu sama mb Nurma Larasati yang bisa menchallenge diri sendiri hingga meraih personal branding. Juga setuju dengan mb Erry kalau blogger itu perlu beretika.
    Asara yang seru Mbak Mega :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya akupun salut sama mbak Nurma untuk menchallenge dirinya bisa keluar dan suskses seperti sekarang. Iya seru mbak acaranya

      Delete
  10. acara ini asik banget apalagi bagian teh Erry cerita, sengalir itu loh asiknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ngalir banget ceritanya teh erry lucu sederhana

      Delete

Contact




Email : megharachma3105@gmail.com
Whatapps : 085221555924

Popular Posts