Cara Mudah Mengelola Keuangan dengan Jenius

March 05, 2019




Setiap orang pasti ingin memenuhi segala kebutuhan (needs) dan keinginan (wants) dalam hidupnya. Namun, di dalam kehidupan yang nyata, ternyata tidak semua kebutuhan dan keinginan dapat terpenuhi. Baik itu karena keterbatasan uang, waktu, ruang, maupun cara untuk memperolehnya.

Salah satu faktor yang tidak mendukung untuk terwujudnya kebutuhan dan keinginan adalah uang. Maka sebaiknya kita harus terlebih dahulu mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan dengan benar. Supaya kita dapat membedakan mana yang termasuk dalam kategori keinginan dan mana yang masuk kategori kebutuhan dalam hidup kita.

Pengelolaan Keuangan adalah

Tentu sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengelola keuangan dengan benar, maka terlebih dahulu kita harus tahu apa sih pengelolaan keuangan itu? pengelolaan keuangan adalah sebuah tindakan untuk mencapai tujuan keuangan di masa yang akan datang. Pengelolaan keuangan ini terdiri dari pengelolaan keuangan pribadi, keluarga maupun perusahaan. Pengelolaan keuangan ini sangatlah penting dalam mengatasi masalah ekonomi baik dalam urusan pribadi, keluarga maupun pada perusahaan. 

Mengelola Keuangan Pribadi

Dulu aku masih bingung dengan cara mengelola keuangan pribadi. Namun kini, semenjak aku memutuskan untuk full menjadi ibu rumah tangga, aku harus lebih pintar dalam mengaturnya. Kenapa? ya tentu saja, karena sekarang sumber penghasilan hanya melalui gaji suami saja. Kalau tidak pintar dalam mengelola keuangan bisa repot mengatur arus kas.

Nah, di awal tahun 2019 ini aku dan suami mulai fokus berbenah. Kami mulai menuliskan beberapa impian kami di dreamlist yang kami tempel di kulkas. Beberapa dreamlist yang kami catat diantaranya, kami ingin pergi umrah dan memiliki rumah.

Kedua impian tersebut tidak akan terwujud jikalau kami masih bingung dengan cara mengelola keuangan. 

Diawal pernikahan, aku selalu mencatatkan keuangan baik pemasukan dan pengeluaran secara manual dan memiliki beberapa rekening untuk menabung. Aku pisahkan antara rekening untuk belanja dan tabungan. Namun seiring kesibukan, pencatatan manual pun seringnya terlupakan dan rekening yang lebih dari satu itu pun akhirnya terbengkalai dan habis oleh biaya administrasi. Stress banget rasanya.

Sampai akhirnya aku menemukan solusi dari permasalahan tentang mengelola keuangan. Aku kapok punya banyak rekening kalau ujung-ujungnya terbengkalai dan habis karena dipotong biaya administrasi. Ditambah lagi sekarang aku adalah ibu rumah tangga, yang bisa dibayangkan betapa malasnya keluar rumah hanya untuk ke bank melakukan transaksi apalagi dengan antrean yang panjang. Beruntungnya dengan kecanggihan teknologi, mulailah beberapa bank mengeluarkan produk digital banking.

Apa sih digital banking ?

Digital banking adalah layanan perbankan dengan menggunakan sarana elektronik mlik Bank, dan/atau melalui media digital milik calon nasabah dan/atau nasabah Bank yang dilakukan secara mandiri. Digital banking bertujuan untuk meningkatkan efisiensi kegiatan operasional bank dan meningkatkan mutu pelayanan kepada nasabahnya. Salah satu digital banking yang aku pakai dalam membantu mengelola keuangan dengan mudah dan aman adalah JENIUS.


Jenius itu Bank?

Jenius berbeda dengan bank. Jenius itu banking reinvented dari PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN). Jenius ini mengembalikan semua akses kepada penggunanya, sehingga para pengguna memiliki kendali atas uang dan pengaturan keuangan. Jenius merupakan aplikasi perbankan revolusioner yang dilengkapi oleh kartu debit Visa untuk membantu pengguna dalam melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan dengan lebih aman, cerdas dan simpel. Semua transaksi tersebut bisa dilakukan dalam satu tempat saja yaitu melalui smartphone

Coba, siapa yang sudah punya aplikasi jenius di smartphonenya? aku sudah nih.


Akun Jeniusku nih

Kapan lagi punya buku tabungan digital yang bisa diedit memakai foto pribadi hehe. Maaf yah untuk beberapa informasi dalam akun jeniusku ini aku sensor sedikit. 

Apa sih keuntungan memiliki akun Jenius?

Dengan memakai jenius, pengguna akan dibantu lebih cepat dalam proses transaksi, memaksimalkan tabungan dengan bunga yang lebih tinggi, dan dapat mengatur keuangan dengan kartu debit tambahan untuk mengalokasi dana. Keuntungan lainnya adalah :

- Bebas biaya tarik tunai dan transfer antar bank hingga 25 kali per bulan
- Bebas biaya administrasi
- Bebas biaya pembukaan dan penutupan rekening
- Satu rekening bisa dgunakan untuk mengelola keuangan secara rutin atau periodik
- Tidak ada saldo minimum

Itu beberapa keuntungan yang bakalan didapat kalau kamu sudah menjadi pengguna jenius, untuk keuntungan lainnya bisa dilihat disini.

Bagaimana cara registrasi untuk mendapatkan akun Jenius?

Cara registrasi untuk bisa mendapatkan akun jenius gampang sekali, kamu bisa langsung datang ke booth jenius yang biasanya tersebar di beberapa mall di kotamu, atau dengan melakukan langkah seperti ini :
  1. Download aplikasi Jenius di appstore atau play store
  2. Siapkan KTP, NPWP dan kertas bertandatangan untuk diregistrasi
  3. Untuk kamu yang berdomisili di Jabodetabek, bisa dengan menekan tombol Aktifkan  atau bertemu dengan Jenius Crew pada aplikasi jenius untuk memanggil Jenius Crew datang ke tempatmu
  4. Untuk yang berdomisili diluar Jabodetabek atau Bandung, bisa mengunjungi kantor  cabang BTPN Sinaya di kotamu
  5. Setelah akun jenius aktif, kamu dapat juga mengaktifkan kartu debit m-Card dengan cara memesannya melalui aplikasi jenius

Ada fitur apa saja di Jenius?

Jenius memiliki 4 fitur utama yang sangat membantu aku dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran. Yuk, aku bahas ini dia fitur dari jenius :

1. Fitur PAY

Fitur pay, fitur ini sangat membantu aku dalam mengelola segala pengeluaran yang aku lakukan, baik transfer, top up pulsa, pembayaran serta cara untuk menagih hutang yang elegant dan kekinian hehe. Ini dia 5 fitur pay dalam aplikasi jenius :

Split Bill
merupakan cara mudah untuk membantu membagi bill dengan adil ke sesama pengguna jenius. Aku tidak perlu lagi menghitung manual kalau habis ngopi cantik di cafe sama teman-teman, cukup gunakan fitur split bill lalu masukkan jumlah uang yang harus ditagihkan, pilih penerimanya, kirim dan beres deh. Sangat mudah bukan.



Send It :
merupakan cara mudah kirim uang atau bayar segala tagihan. Bisa menggunakan $Cashtag atau nomor rekening. Fungsi $Cashtag ini sebagai pengganti nomor rekening sesama pengguna jenius. Aku selalu pakai fitur send it untuk melakukan transfer baik ke sesama jenius maupun ke bank lain. Enaknya lagi tidak ada biaya administrasi loh untuk setiap transaksinya. Aku juga bisa melakukan top up pulsa, beli token listrik dan bayar kartu kredit. Semua transaksinya yang sering aku lakukan bisa di save, sehingga jika ingin melakukan transaksi kembali lebih mudah tidak perlu input nomor lagi. 





Pay Me :
Nah, aku paling suka nih sama fitur pay me. Aku sempat berjualan menjadi seorang reseller, dan ada beberapa teman yang susah sekali aku tagih untuk bayar produk yang mereka beli. Dengan fitur pay me, aku bisa menagihkan sejumlah uang yang harus temanku bayar, cukup masukkan nominal, nama tagihannya apa, pilih penerima, kirim dan beres deh, tagihan akan masuk ke akun jenius teman dan ada notifikasinya. Bener-bener cara nagih yang elegant dan kekinian bukan? hehe.


e Wallet :
Sebagai pengguna transportasi online dan hobi nonton. Aku tidak mau kalau saldo di aplikasi transportasi online aku kosong. Nah, dengan fitur e-wallet aku bisa melakukan top up saldo Gopay dengan mudah. Kalau mau nonton dan cek saldo M-Tix aku kurang, aku juga tinggal pilih menu M-tix dan nominal pengisian yang aku inginkan, langsung deh saldo M-Tix aku akan bertambah. Fitur e-wallet ini berguna untuk melakukan top up saldo Gopay, M-Tix, OVO dan T-Cash.



- Jenius Pay :
merupakan fitur yang memudahkan aku saat melakukan belanja online tentunya di merchant yang sudah bekerjasama dengan jenius. Saat melakukan check out untuk pembayaran, aku tidak perlu lagi memilih transfer pakai kartu debit atau kartu kredit, tapi aku cukup pilih menu jenius pay, maka total belanja yang harus aku bayar akan masuk ke notifikasi aplikasi jeniusku. Tinggal aku sesuaikan dan cek kembali, kirim dan pembayaran selesai dilakukan. 

2. SAVE

Fitur save ini yang membantu aku mengelola segala pemasukan. Karena sekarang pemasukan cuma dari gaji suami saja, dan kami memiliki beberapa dreamlist yang wajib terwujud. Maka dengan fitur save ini, aku tidak perlu ribet punya rekening banyak, cukup dengan membuat pos-pos tabungan untuk beberapa dreamlist. Baik tabungan yang bisa aku ambil seaktu-waktu, maupun tabungan rencana. Semuanya aku lakukan cukup melalui smartphone loh, tanpa harus ribet datang ke Bank. Ada 3 fitur menabung jenius ala aku, yaitu :

Flexi Saver :
merupakan jenis tabungan yang fleksibel berbunga setara deposito yaitu 5% yang bisa disetor dan aku ambil kapanpun. Cukup pindahkan saldo aktif ke menu flexi saver, lalu saldo pun akan bertambah di menu flexi saver. Bisa dibilang ini uang lupanya aku sih.


- Dream Saver :
Fitur dream saver adalah fitur favorit aku untuk menabung dan mewujudkan dreamlist yang sudah aku dan suami buat. Aku bisa membuat sampai 10 dreamlist, dan bisa disesuaikan berapa target dana yang akan dicapai, cukup dengan menuliskan nama dreamlist misalnya umrah, vacation, kendaraan, lalu masukkan berapa jumlah dana yang dibutukan, setelah itu dream saver akan dengan otomatis melakukan pengaturan periode menabung sampai target terpenuhi dan pilih jumlah dana yang sanggup disimpan untuk dilakukan pendebetan secara otomatis baik secara harian, mingguan atau bulanan.


- Maxi Saver :
Nah kalau ini bisa aku bilang merupakan fitur membuat deposito digital lewat handphone dengan suku bunga mulai 6,75% - 7%. Aku bisa menyimpan dana mulai dari Rp 10.000.000,- untuk periode selama 1-12 bulan. Untuk penyimpanan dana dengan fitur maxi saver tidak bisa diambil sewaktu-waktu yah, karena namanya juga deposito yang memiliki tanggal jatuh tempo.


Nah, itu dia 3 fitur menabung jenius ala aku. Kira-kira sudah terbayang mau pakai menu yang mana untuk mengelola keuanganmu?

3. CONTROL

Dalam mengelola keuangan melalui jenius, selain dapat dikontrol melalui smartphone, dapat juga dilakukan melalui penambahan m-Card. m-Card jenius ini adalah kartu debit berlogo Visa. Selain melalui kartu debit, kontrol keuangan dapat dilakukan pula dengan menu in out untuk melihat history transaksi. Kalau belum puas dengan melihat history transaksi, biasanya aku mencetak e-statement bulanan yang mudah tinggal download tanpa harus ribet ke Bank. Sangat mudah bukan untuk mengelola keuangan dirumah?



4. ACCESIBILITY 

Akses terbaru dari jenius adalah adanya Jenius Keyboard. Jenius Keyboard saat ini baru tersedia pada smartphone jenis android. Jenius keyboard adalah cara bertransaksi melalui aplikasi chatting whatsapp tanpa harus membuka aplikasi jenius. Wah, kalau fitur terbaru ini jujur saja aku belum mencobanya.


Jenius Keyboard


Dengan 4 fitur aplikasi jenius ini, aku tidak perlu repot lagi memilki banyak rekening untuk memenuhi target dreamlist yang sudah dibuat. Keuangan rumah tangga pun dapat terkontrol dengan mudah hanya melalui genggaman.

Tidak hanya itu, khusus dibulan Maret 2019, Jenius memiliki promo #hari2jenius dengan program EveryYay. Hari-hari lebih mudah untuk atur keuangan dengan penawaran menarik dari EveryYay


Apa saja sih penawaran menarik Every Yay?

Setiap hari ada promo menarik nih dari every yay seperti, 

- Saturyay
Setiap hari Sabtu, saatnya isi saldo m-Tix pakai menu e-wallet dan dapatkan ekstra saldo Rp 25.000,- dan cashback biaya admin.
- Sunyay : 
Setiap hari Minggu, saatnya belanja di e-commerce pakai jenius pay dan dapatkan cashback senilai Rp 50.000,-
- Monyay
Setiap hari Senin, saatnya isi saldo jenius dari bank lain, lalu akan masuk cashback biaya administrasi sebesar Rp 6.500,- ke akun jeniusmu.

Untuk promo everyyay yang lainnya, bisa lihat disini yah.

Nah, itu dia cara jenius mengelola keuangan aku dengan mudah dan aman. Terlebih lagi, aku tidak perlu melakukan pencatatan secara manual, karena semuanya sudah tercatat secara digital. Untuk mewujudkan dreamlist pun, tidak perlu lagi dengan punya banyak rekening, cukup 1 rekening jenius saja sudah bisa menjawab kebutuhanku. Aku juga tidak perlu repot antre ke bank, karena semua transaksi bisa aku kontrol melalui smartphone

So, tunggu apalagi langsung download dan aktifkan Jeniusmu sekarang.



Jenius info 

Website : www.jenius.com
Twitter : @jeniusconnect
Instagram : @jeniusconnect
Customer Service : @jeniushelp
Helpdesk : 1500365
Email : jenius-help@btpn.com

You Might Also Like

52 Comments

  1. Wah jujur mba saya orang yang paling malas kalau sudah harus berurusan dengan bank hehe, tapi baca ini jadi mikir kayaknya perlu juga tuh dicoba, terimakasih mba informasinya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak selain jauh dari rumah. Pas dateng misal cuma mau daftar e banking doang aduh ngantrinya bisa 2jaman kan. Kalo udah ada yang praktis ngapain pake yang ribet hehe

      Delete
  2. kok asyik ya pakai jenius banyak promo lagi yes, berarti tinggal sinkron sama bank2 yang kita punya aja ya? jadi kalo mau transaksi gitu lebih mudah, seru banget sih pake jenuis, duh keren ih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga disinkronin mbak stef..asal sesama pengguna jenius pasti lebih mudah. Ayoo bikin mba bebas biaya loh

      Delete
  3. Kayanya menarik juga ya aplikasi ini? Jadi inget akun-akun bank yang terbengkalai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo bun.. jenius bukan mengelola akun-akun bank lain, jenius adalah aplikasi digital mobile yang dikeluarkan oleh Bank BTPN bun. Semoga membantu yah bun informasinya

      Delete
  4. asyik kayaknya ya mbak, aku mengelola keuangan masih manual banget..walo alhamdulillah tak pernah tekor juga siy. makasih mbak sharingnya :)

    ReplyDelete
  5. Jenius keren nih mba. Jadi pengin buat juga. Punya banyak rekening memang ribet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo mbak tinggal buka aja gampang kok. Setuju punya rekening banyak itu ribet ngaturnya hehe. Ini satu untuk semua

      Delete
  6. Makasiy sharingny mba.. Jadi tau macam2 produk bank

    ReplyDelete
  7. Jadi pengin nyoba si Jenius, biar bisa ikutan jenius kayak namanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus bun langsung download aja atau datengin kantor Bank BTPN atau Booth jenius terdekat

      Delete
  8. Wow..keren bingit aplikasinya ya mbak. Dunia serasa dalam genggaman heheh..
    Beneran baru tau infonya nih.. Thank sharingnya ya mbak Mega. Mau cari info lanjuta nih..cuss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuss langsung aja diklik mbak info selanjutnya tentang jenius. Betul semua dalam genggaman

      Delete
  9. saya kemarin mau install maju mundur gara-gara e-ktp belum jadi :(
    dan ternyata aplikasinya sekeren ini.. jadi menyesal nggak install dari kemarin-kemarin.

    trus itu jenius crew bisa dateng ke rumah pula. seru banget yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah harua jadi dulu mbak nanti ada kita disuruh foto selfie muka plus pegang e KTP nya. Bisa mbak untuk jabodetabek atau datang ke Bank BTPN Sinaya terdekat

      Delete
  10. Lengkap banget infonya Mb Mega.
    Jadi paham tentang Jenius BPN ini.
    Ihh ... jadi tertarik bingit nih, secara buat semua pembayaran online dipermudah. Asal rek outlet ybs sdh ikut Jenius juga begitu kan ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. BTPN mbak hehe.. T nya ketinggalan. Betul sekali mbak asal rek tujuan pake jenius juga pasti lebih gampang

      Delete
  11. Kemarin udah sempat install aplikasi ini sih tapi akhirnya saya unistall lagi karena nggak paham jenius ini aplikasi seperti apa. Baca postingan ini baru saya dapat pencerahan.

    Ternyata manfaat dari jenius ini banyak banget ya mbak. Jadi memudahkan kita dalam mengatur dan mengelola keuangan. Setelah baca ini jadi pengen install jenius lagi deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak instal lagi jeniusnya dan coba daftarin juga akunnya biar semakin mudah transaksinya

      Delete
  12. Baru tahu kalau btpb ngeluarin ini
    Inovasi yg keren
    Cucok buat ibu rumah tangga rempong yg enggak punya waktu buat nyusun laporan keuangan keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cocok banget buat IRT yang ga punya banyak waktu ke bank. Cukup transaksi lewat HP aja beres deh urusan

      Delete
  13. Wooww... makin canggih ya sekarang cara pengelolaan uang. Mau nyoba juga nih punya Jenius. Dari kapan dulu udah dikompori teman untuk bikin, tapi sampai sekarang belum terwujud juga. Enak ya pake Jenius, jadi enggak repot lagi saat mau bayar ini itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah mau 3 tahun pake jenius mbak dan Alhamdulillah sampe saat ini belum nemu kesulitan apapun meskipun ga ada buku tabungan. Transaksi aman dan mudah

      Delete
  14. Wah, mengelola keuangan jadi lebih mudah dan praktis ya pakai Jenius. Mau kirim uang atau bayar tagihan jadi nggak ribet lagi. Dan banyak promo menarik juga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi emak-emak kalo udah denger kata promo emang langsung mudeng yah mbak hehe. Ayo mbak aktifkan jeniusmu sekarang

      Delete
  15. Jenius yang beneran jenius!
    Dan info lengkap ini pun jenius sekali! Memang kemudahan bertansaksi banyak hal di Jenius tidak bisa kita temui di tempat lain. Jenius benar-benar bisa jadi pilihan kaum milenial di era digital! Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mbak..jenius bikin kita makin jenius dalam mengelola keuangan dengan cara millenial dan kekinian. Pokoknya andalanku JENIUS

      Delete
  16. Memang serba praktis sih kalo pake jenius, aku juga pake mba yang paling enak itu vitur dream saver, jadi kita bisa mewujudkan mimpi dengan menabung sedikit demi sedikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju..aku juga pake mbak udah ngelist beberapa impian. Gak apa2 nabung sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit

      Delete
  17. Wah, banyak ya keuntungan menggunakan Jenius. Bisa mengatur keuangan sendiri dengan lebih leluasa. Lebih mudah dan praktis juga, ya. TFS, Mbak ��

    ReplyDelete
  18. Banyak banget ya kelebihan dan mafaat yang bisa didapat dengan install dan mengaktifkan akun jenius. Sudah niat mau install kok aku lupa terus. Baca ini jadi keingetan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo udah diingetin loh mbak hehe tinggal instal lg jeniusnya dan rasakan kemudahannya

      Delete
  19. Wah banyak promo cashback nih, menarik ya jenius ini. Jadi kepengen punya juga ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera mbak download dan aktifkan. Ga akan rugi malah banyak plusnya, tarik tunai di atm bank lain aja gratis loh

      Delete
  20. Kaau banyak promo dan juga Very practical, I think you will be a great app for us to use. Let me take a look at it closer

    ReplyDelete
  21. Kabita deh dengan Jenius ini. Tapi masih maju mundur aja mau bikin teh. Padahal kan, kalo pake Jenius, honor kerjaan jadi gak banyak potongan. Uh... bikin sekarang atau jangan ya? :D

    ReplyDelete
  22. Enak ya mba sepertinya pake jenius..Aku juga masih di beberapa rekening, dan ada yang jumlahnya stagnan..nggak nambah, berkurang di admin malah...

    Enaknya jenius, banyak "bebas" nya itu lho. Jadi pengen aku..

    ReplyDelete
  23. Ah, baca postingan ini bikin makin nyesel knp kemarin ga pake jenius jg. Heu.. Udah banyak yg bilang bagus. Keunggulannya itu loh bikin gak banyak potongan.

    ReplyDelete
  24. waktu awal launching, aku sempet lho bantuin promo krna disuruh kk yg kerja di btpn. waktu itu belum banyak penggunanya. skr jadi idola buat aplikasi keuangan. moga sukses terus buat jenius :)

    ReplyDelete
  25. Banyak juga kelebihan dari Jenius, mantap!
    Kita bebas bertransaksi tanpa memikirkan biaya transfer, gak ada saldo minimal dan gak ada biaya administrasi pula. Wah, bener-bener nyenengin. Apalagi untuk kita yang lebih senang melakukan segala transaksi dari rumah ya...

    ReplyDelete
  26. Aku sebenarnya mau bikin Jenius ini maju mundur terus loh, padahal beberapa teman sudah pakai ini. Kalau dari beberapa teman yang pakai, gak perlu ribet kalau beli apps di Appstore. Soalnya kalau kalau appstore gitukan kudu pakai cc, nah mereka girang deh waktu pakai Jenius bisa.

    ReplyDelete
  27. Sudah lama sekali tidak menuliskan impian saya sendiri, apalagi keluarga di selembar kertas.

    Aku percaya banget..
    Dengan kita menuliskannya...itu sudah menjadi bagian dari langkah awal.


    Dengan Jenius, semoga langkah berikutnya segera tercapai.
    Aamiin~

    ReplyDelete
  28. Saya juga pakai Jenius beberapa bulan terakhir. Awalnya sih suami yang pakai. Trus kayaknya enak banget transfer2 dr Jenius, akhirnya ikutan :D
    Paling suka fitur yang buat saving2nya, jd kalau punya keinginan apa, kyk liburan, umroh, dll bisa simpan di situ :D

    ReplyDelete
  29. udah sering denger Jenius disebut-sebut sama temen-temen..
    tapi belum pernah yang detail gitu tahu tentang fungsinya..
    thank you for sharing, mba :)

    ReplyDelete
  30. Wah, baru tau tentang aplikasi ini

    Kayaknya keren ya mbak, daripada punya banyak rekening bikin ribet

    ReplyDelete
  31. Aku juga sdh donlot Jenius nih, gara-gara teman-temanku pada pake Jenius.

    ReplyDelete
  32. Wah ternyata lebih komplit ya fiturnya, nyesel deh ga download dari kemarin2. Ntar aku coba download ah, krn suka bingung ngatur keuangan.

    ReplyDelete
  33. sudah donlod nih Jenius cuman belum juga register males selfie pake KTP wkwkk..baca ulasannya jadi kepengen juga pake Jenius apalagi bebas biaya administrasi ya mba

    ReplyDelete
  34. Sudah lama pengen pake Jenius, tapi sampai sekarang belum kesampean. Semoga nanti bisa buka akun Jenius nih.

    ReplyDelete
  35. Fitur jenius lengkap juga ya. Apalagi ada promo cashback juga . Kata temenku kalo mau isi uang saldo ke jenius hari senin saja. Begitu kah mbak?

    ReplyDelete
  36. Aku tuh pengen banget bisa bikin perencanaan keuangan sama pengelolaannya, tapi ya itu suka males kalau ribet bikinnya.
    Penjelasannya detail, jadi ingin buka rekening di Jenius.

    ReplyDelete

Contact




Email : megharachma3105@gmail.com
Whatapps : 085221555924

Popular Posts