Bikin Greget! Ini dia 5 Alasan Seseorang Susah Bayar Hutang

March 04, 2019


A : "aduh aku nggak bawa uang cash nih, boleh nggak aku pake uangmu dulu?"
B : "oh, gitu, yaudah okedeh"

sesampainya diruangan,

A : "eh, nanti aku transfer aja yah uangnya"
B : "oke, nggak apa-apa"

seminggu kemudian, 

"krik-krik, mana yah yang mau bayar, mau nagih nggak enak" kata si B


Nah, kira-kira pernah nggak sih ngalamin kejadian seperti itu? pasti pada pernah. Mau itu kita sendiri ke orang lain, atau kita yang malah digituin sama orang lain. Mau sama saudara, teman, yang namanya bilang pinjam, berartikan berhutang, dan tetap loh harus dibayar.

Suka greget nggak sih sama orang yang susah kalau tiap ditagih untuk bayar hutang? dan lucunya adalah pemberi hutang selalu menjadi orang yang mengejar-ngejar penerima hutang. Padahalkan harusnya nggak perlu ditagih atau dikejar kalau memang berniat membayar. 

Kira-kira sebenarnya apa sih alasan seseorang susah untuk bayar hutang? yuk kita bahas.

1. Pura-pura Amnesia

Amnesia itu apa sih? amnesia adalah keadaan seseorang yang terganggu daya ingatnya. Selain karena kecelakaan dan penyakit, amnesia ini juga sering sekali terjadi pada seseorang yang mempunyai hutang. Dengan pura-pura amnesia alias pura-pura lupa membuat seseorang bisa dengan leluasa mengulur waktu untuk membayar hutang. Kalau udah kejadian gini, yang nagih malah makin males yah, klasik banget nih alasannya.

2. Nggak bawa uang

Lagi-lagi uang adalah alasannya. Padahal dijaman teknologi yang semakin canggih saat ini, pastinya nggak ada yang nggak punya ATM atau mobile banking di smartphonenya. So, kalau memang niat membayar pasti akan segera menggunakan fasilitas perbankan yang tersebut.

3. Belum gajian 

Tanggal tua memang bisa menjadi salah satu alasan seseorang menghindar dari penagihan hutang. Biasanya seseorang akan menjawab "nanti yah pas gajian di bayar". Tapi, kalau udah datang gajian, kira-kira bakalan dibayar nggak yah? hmm..so many reason.

4. Sedang banyak pengeluaran

Alasan yang membuat seseorang susah bayar hutang lainnya adalah karena sedang banyak sekali pengeluaran. Bisa karena memang ada kebutuhan mendesak yang tidak terduga atau bisa juga karena pengeluaran yang nggak terkontrol alias boros. Aduh jangan sampai yah, kita berhutang hanya karena kita boros.

5. Tidak berniat membayar hutang

Saking dekatnya dengan pemberi hutang, ada juga loh seseorang yang cuek saja dengan hutangnya. Berharap kalau pemberi hutang akan lupa dengan uangnya dan mengikhlaskannya. Atau bisa juga seseorang yang tiba-tiba menghilang susah dihubungi setelah mendapatkan pinjaman. Aduh, jangan sampai yah kita tipe orang yang seperti ini. Bikin greget deh.


Bagaimanapun hutang tetaplah kewajiban yang harus dibayar. Besar kecilnya peminjaman tetap saja itu hutang. Saking wajibnya membayar hutang, ada riwayat bahwa "Seseorang akan tertahan masuk surga kalau belum menyelesaikan hutangnya didunia". 

Lalu bagaimana kalau kita ingin sekali membayar hutang, namun terkendala dengan dananya. Tenang, cobalah beri penjelasan kepada pemberi hutang dan berdoalah kepada Allah untuk dimudahkan dalam menyelesaikan hutang, karena dalam satu riwayat dikatakan "Apabila seorang muslim berkaitan dengan suatu hutang dan Allah mengetahui bahwa ia hendak melunasinya, maka Allah akan menolongnya untuk melunasi hutangnya di dunia" (HR ibnu Majah, Ath-Tabrani dan Ahmad).

Nah, itu dia 5 alasan kenapa seseorang susah membayar hutangnya. Semoga kita tidak pernah termasuk kedalam tipe orang yang memiliki seribu alasan untuk menghindari hutang. Oleh karena itu, bijaklah dalam menata keuangan, jangan sampai berhutang hanya untuk memenuhi gaya hidup.



**tulisan ini diikutsertakan dalam challenge SETIP (Seminggu Tiga Postingan) bareng Estrilook Community


You Might Also Like

25 Comments

  1. ih ih emang ini ngeselin banget sih mba, saya pun punya teman kek gini, hutang awalnya satu bulan mau bayar udah lebih setahun baru di bayar. saya ngeyel minta cicil, wkwkwk. kalo enggak gitu keknya enggak bakal lunas. itu juga lunas saya paksa, abis itu nomernya dia saya block *jahat banget saya, wkwk. abis udah kesel atuhlah, huhu ~ semoga gak ketemu lagi sama orang2 yang enggak amanah kaya gitu lagi. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ampe sekarang sering banget dikadalin sama temen yang kayak gini mbak, pura-pura amnesia. Terus tiap ketemu cuek aja gitu seolah-olah gak ada apa-apa. Dan parahnya lagi berulang loh ngutangnya, lama-lama kesel juga jadi gak mau lagi aku berurusan sama dia. huh betul mbak semoga dijauhkan yah sama orang-orang seperti ini

      Delete
  2. Mashaallah semoga aku terhindar dari hal-hal seperti ini

    ReplyDelete
  3. Pas butuh nyapa..dah dapet duit tuh kabuuur dianya. Hiks
    Lagu lama keknya
    Dan alasan di atas biasanya yang mengemuka.
    Dan sebelnya kalau dia pakai baju baru..tasnya gonta-ganti tapi hutang ke kita masih berupa janji. Duh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju udah lama ngilang sekalinya nyapa ehh mau ngutang. Tapi pas ditagih banyak drama kumbara. Janji hanya tinggal janji

      Delete
  4. Kadang tuh ya yang punya utang sampe ngerasa gak enak mah nagih, padahal kan itu haknya ya. Kadang juga yang ditagih malah lebih galak, ckckck...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku banget mbak jd aku yang ga enak nagih mulu udah kaya alarm aja. Yang punya utangnya enak banget posting lagi makan di cafe A di cafe B. Heraan deh

      Delete
  5. hihihi terkadang yang hutang lebih galak ya, mbak.
    Tapi kalau gitu jadi tau karakter orang lain, hihihi

    ReplyDelete
  6. Duh, kenyang akutuh kalau urusan orang mangkir bayar hutang. Kita capek hati ngingetin terus-terusan. Akhirnya sudahlah, ikhlaskan saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan nah kan. Ujung-ujungnya ilmu ikhlas lagi yang dilkeluarin buat nanganin si hutang ini. MasyaAllah yah bun

      Delete
  7. Temen saya malah ada yg pinjem kartu kredit. Untung bukan ke saya. Saya pura² engga punya...hihi. Riweuh ah nagihnya...
    Ada yg ngajarin, kalo ada yg mau utang, kita ngasih seikhlasnya. Tapi engga diitung utang. Udah itu lupakan...Mayan...kita engga kepikiran. Ntar cepet tua. Wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh bun serem banget kalo ampe pinjem kartu kredit mah urusannya ntar bukan ama kita lagi tapi sama pihak ketiga. Jangan ah bun itu mah berabe huhu

      Delete
  8. Seram ya, kalau punya utang tuh bikin hidup enggak nyaman. Ketemu yang dikurangi kalau belum bisa bayar kok malah malu ya. Kalau bisa sih sebisa mungkin bayar, nanti kalau butuh bisa pinjam lagi. Soalnya sekali mangkir besok lagi mau pinjam asli lah bakal enggak dikasih pinjam lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyalah mbak aku juga gitu jadinya aku males minjemin lagi karna tau bakalan susah banget nagihnya. Kecuali ada bahasa enaklah ke kitanya, pasti kita juga ngerti huhu

      Delete
  9. Saya lebih greget lagi nih, Mbak.
    Udahlah si dia ga bayar-bayar, ga nongol-nongol, sekali nongol lha kok mau pinjam lagi *tepok jidat

    Duh, saya lagi punya utang sama saudara, nih. Insya Allah ga mau nunda2, ini menjelang bayar.

    Ngeri memang urusan utang ini kalau sampai dibawa mati, hiks. Terima kasih sudah mengingatkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama bunda. Saling mengingatkan aja mumpung masih didunia mumpung Allah masih kasih kita umur yah lebih baik segera selesaikan hajat kita kalo kita udah mampu

      Delete
  10. Pernah ngalamin banget ini. Saya kasi utang, janjinya cuma sehari, eh hingga berbulan-bulan pura-pura amnesia. Pas ditagih galakan dia. Duh rasanya pingin gigit garpu, eh dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh jadi debus dong bun pake gigit garpu segala hehe. Betul yah bun lagu lama banget yang pura-pura amnesia gitu huhu

      Delete
  11. Nggak niat bayar hutang.
    Ini kayaknya alasan yg teot buatvtemen saya itu. Yang selalu menghindar kalo ketemu saya

    ReplyDelete
  12. Hehe...ya pernah ngalami, niat bantu sih minjami tp ternyata mlh kabor orangnya. Bisa mnghibur diri kpn2 pasti ngembaliin. Tapi pas gk punya duit jd ingat uang yg pd nyantol. Nyesek yaa...tp sudahlah...sprtinya mengikhlaskan tp pdhl wajib ya hulumnya untuk byr? Ya ditggu aja, hihi...thx mb udh sharing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebaikan berbuah menjadi kekesalan yah mbak. Yaudah mungkin harus mengikhlaskan saja biar Allah aja yang ganti dengan yang lebih aamiin

      Delete
  13. yang punay hutang biasanay lebih galak

    ReplyDelete
  14. Semoga yang berutang dipermudah melunasinya dan tidak berutang lagi. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga yang berhutang menjadi orang yang amanah dan di mampukan untuk tidak berhutang lagi yah mbak

      Delete
  15. Masya Allah emang bikin greget banget sih. ada nih saudara jauh yang kek gini. Tapi yaa, mau gimana lagi. Kita doakan aja semoga yang punya hutang dimudahkan dalam melunasinya.

    ReplyDelete

Contact




Email : megharachma3105@gmail.com
Whatapps : 085221555924

Popular Posts