Berdoalah di 6 Waktu Mustajab Ini

March 06, 2019



"Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu..."
QS Ghafir : 60


Berdoalah pada Allah, sebagai TuhanMU, maka akan Allah kabulkan permintaanmu. Doa adalah suatu permohonan (harapan, permintaan) kepada Sang Maha Kuasa. Berdoa bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Berdoa tidak perlu menunggu sakit, saat diberikan kesehatan pun kita bisa berdoa. Berdoa tidak perlu menunggu sedih, saat senang pun kita bisa berdoa. Bagi kita yang beragama islam, bisa dibilang paling sedikit 5 kali kita berdoa di setiap melaksanakan kewajiban shalat.

Apa yang selalu diharapkan melalui doa?


Banyak sekali permintaan yang dipanjatkan pada Allah setiap harinya, mulai dari meminta rejeki, kesehatan, umur panjang, pekerjaan, keberkahan, masuk surga dan hal-hal lain yang pastinya hal baik. Coba bayangkan betapa sibuknya Allah mendengarkan doa-doa kita setiap harinya? Dan apakah Allah lelah mendengar doa dari setiap makhluk ciptaanNYA?  Jawabannya Tidak. Allah tidak pernah lelah, mungkin kita yang seringnya lelah. 



Tidak sedikit manusia yang meminta untuk disegerakan doanya. Tidak sedikit pula yang merasa dikecewakan oleh Allah karena doanya tak kunjung dikabulkan. Padahal tidak ada satu doa pun yang Allah tidak kabulkan. Hanya saja kita sebagai manusia seringnya kurang sabar dan kadang tidak mengerti dengan kode yang Allah berikan.

Allah sudah berikan kode pada kita disaat kita berdoa, lalu apa kode dari Allah itu?

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui."
(QS Al-Baqarah : 216)


Di Surat Al-Baqarah ayat 216 itulah kode dari Allah atas setiap doa yang dipanjatkan. Kalau sudah diingatkan oleh petikan ayat diatas, kita sebagai hambaNYA harusnya lebih mengetahui bahwa doa pun memiliki 3 ketentuan yaitu :

1. Ada doa yang pada saat dipanjatkan Allah langsung mengijabahnya
2. Ada doa yang pada saat dipanjatkan Allah menundanya, agar Allah berikan pilihan yang lebih baik
3. Ada doa yang pada saat dipanjatkan, Allah menundanya untuk diberikan nanti di yaumul akhir

Dengan 3 ketentuan doa diatas, kita sebagai makhluk ciptaanNYA hanya dituntut untuk bersabar dan selalu yakin bahwa setiap ketentuan Allah itu pasti yang terbaik untuk hidup kita.

Selayaknya kehidupan dunia yang dihiasi dengan waktu-waktu istimewa untuk kita. Berdoa pun memiliki waktu istimewa yang pastinya doa kita lebih mustajab bila dipanjatkan dalam waktu-waktu tersebut.

Kapankah waktu mustajabnya doa?

Ada 6 waktu mustajabnya doa, yaitu :

1. Sepertiga malam atau saat waktu sahur

Rasulullah SAW bersabda, "Rabbkita akan turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, "Siapa saja yang berdoa kepadaKU, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaKU, maka akan Aku beri. Siapa saja yang meminta ampunan kepadaKU, maka akan Aku ampuni." (HR Bukhori dan Muslim)

2. Waktu diantara adzan dan Iqamah

Rasulullah SAW bersabda, "Doa di antara adan dan Iqamah tidak akan tertolak" (HR Tirmidzi)

3. Ketika hujan turun

Rasulullah SAW bersabda, "Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun" (HR Al Hakim)

4. Ketika rukuk dan sujud dalam sholat

Rasulullah SAW bersabda, "Seorang hamaba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka Perbanyaklah berdoa ketika itu" (HR Muslim)

5. Ketika berpuasa dan saat berbuka puasa

Rasulullah SAW bersabda, "Ada tiga doa yang tidak akan tertolak, yaitu doa pemimpin yang adil, doa orang yang berpuasa sampai ia berbuka dan doa orang yang terdzalimi." (HR Tirmidzi)

6. Ketika sakit

Rasulullah SAW bersabda, ''Jika engkau menjenguk orang sakit, maka mintalah kepadanya agar ia berkenan mendoakanmu, karena doa orang yang sakit seperti doa malaikat.'' (HR Ibnu Majah)

Itu dia 6 waktu mustajabnya doa untuk pedoman kita. Mudah-mudahan kita bukan termasuk pada hamba yang berputus asa karena merasa doanya tak kunjung dikabulkan. Bukalah hati dan yakinkan diri kita bahwa setiap doa yang baik pasti Allah akan kabulkan.

Yuk luangkan waktu kita untuk berdoa di waktu-waktu mustajabnya Allah. Diwaktu Allah turun ke dunia lebih dekat dengan kita. 

Semoga bermanfaat.




You Might Also Like

22 Comments

  1. Tambahan teh, doa setelah ashar di hari Jum'at, doa saat sujud terakhir saat sholat, buat yg ikhwan do'a diantara khutbah pertama dan kedua saat sholat Jum'at, hehe.. Semoga kita selalu jadi orang yang menaruh harapan hanya kepada sang Pencipta..

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah betul sekali. Makasi untuk info tambahannya yah. Betul semoga kita selalu menggantungnya semuanya pada ilahi aamiin

      Delete
  2. Sayang banget ya waktu2 mustajab untuk berdoa seringnya dilewatin gitu aja, padahal sebenernya itu kesempatan bagus buat minta apapun sama Allah. Makasih untuk sharing dan pengingatnya Teh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul..seringnya kita malah ngelupain waktu-waktu mustajab untuk berdoa ini. Semoga yah bisa mereminder kita lagi

      Delete
  3. Aku masih suka gak inget.
    Ingetnya berdoa tuh waktu solat aja.
    Padahal banyak golden time nya ya. Nuhun teh pengingatnya. ♡♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul ingetnya pas sholat aja..abis sholat lupa. Padahal banyak banget golden timenya yah

      Delete
  4. makasih mbak udah diingatkan kembali untuk selalu berdoa dan memohon kepada Allah SWT kapan pun dan dalam kondisi apapun, suka lupa dengan waktu-waktu dimana doa dikabulkan hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama saling mengingatkan. Akupun seringnya lupa mbak kalo ga baca-baca lagi huhu sangat disayangkan

      Delete
  5. MasyaAllah nuhun tehh sharingnya, semoga kita senantiasa untuk selalu berdoa apalagi diwaktu baiknya berdoa

    ReplyDelete
  6. wah terimakasih atas info yang bermanfaat ini aku save ya

    ReplyDelete
  7. Ada kalanya Allah ga mengabulkan do'a kita karena Allah punya rencana yang jauuuuh lebih baik dari harapan kita ya teh. Intinya harus berbaik sangka sama Allah. Allah know what best.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul intinya kita husnudzon aja terus sama Allah. Kalo udah mulai putus asa inget aja kode dari Allah tentang berdoa. Semoga yah kita jauh lebih sabar dan bersyukur

      Delete
  8. Masha allah selalu jadi ingat senjata seorang muslin adalah doa :) makasi udah ngingetin teh

    ReplyDelete
  9. Bermanfaat sekali teh, Ibuku sering banget mengingatkan berdoa ketika hujan. Kalau sudah berdoa, hati rasanya jadi tenang ya :)

    ReplyDelete
  10. Subhanallah bener banget ini mah, tapi kenapa ya suka susah buat bangun di sepertiga malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karna ga pernah dibiasain bangub teh jd kerasa susah padahal kalo udah sekali dua kali bangun mah enkaeun gera

      Delete
  11. Alhamdulillah udah diingatkan. Seneng rasanya bisa diingatkan kayak gini. Makasih ya teh. Insha Allah jadi amal jariyah.

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah baca ini jadi diingetin lagi tentang golden time doa.

    ReplyDelete
  13. betul teh Meg, karena aktivitas berdoa itu salah satu bentuk ibadah kita juga sama Allah. Mendekati Allah dengan berdoa adalah sebuah sikap amal sholih yang akan menjadi bekal kita d akhirat

    ReplyDelete
  14. Teriabkasih sharingnya dan sharing tambahan dr temen2 yg komen. Noted.

    Dan menyesalnya, sering pas hujan justru banyak yg mengeluh dan menggerutu. Semoga doa2 baik kita segera dikabulkan ya. Aamiin.

    ReplyDelete

Contact




Email : megharachma3105@gmail.com
Whatapps : 085221555924

Popular Posts