Memaksimalkan Pendapatan Melalui Blog Bersama #KEBelajar with ProPS

February 28, 2019


Blogging kini bukan hanya sekedar menjadi hobi saja, melalui dunia blogging ada beberapa narablog yang memanfaatkannya untuk menjadi sumber penghasilan. Kemajuan tren membuat blogging disebut juga sebagai sebuah profesi. Maraknya berbagai macam komunitas blog yang tersebar di Indonesia, membuat dunia blogging semakin digemari. Mulai dari bahasan lifestyle, beauty, fashion, travel, food sampai pada bahasan curhat pun ada. Semua bahasan ini tersaji sesuai dengan gaya seorang blogger itu sendiri. 

Untuk yang memilih berpenghasilan melalui blogging, banyak cara yang dapat dilakukan mulai dari membuat nama domain blog sendiri, memilih konten blog yang berkualitas, pendapatan iklan, afiliasi, event kerjasama atau jasa pelatihan blog dan sebagainya.

Berbicara mengenai berpenghasilan melalui blog, senang sekali aku berkesempatan untuk mengikuti workshop dari Kumpulan Emak Blogger (KEB) yang berkolaborasi dengan ProPS Google Channel Partner pada tanggal 9 Februari 2019 di Ngopi Doeloe Cafe, jalan Purnawarman No 24-26 Bandung. 

Acara dimulai pukul 11.00 dengan sambutan dari Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB) yaitu teteh Mira Sahid. Teh Mira Sahid mengucapkan terima kasih atas kedatangan para peserta yang mengikuti kegiatan #KEBelajar yang diselenggarakan di Bandung bersama ProPs dan mengharapkan kegiatan yang dilaksanakan dapat bermanfaat untuk kegiatan blogging.

Founder KEB Teh Mira Sahid

Sekilas Tentang ProPS

ProPS atau PT Promedia Punggawa Satu merupakan salah satu google channel partner yang akan membantu klien untuk berkomitmen dalam meningkatkan pendapatan melalui solusi monetisasi content. ProPS bertujuan untuk memaksimalkan konten agar mendapatkan potensi pendapatan yang lebih besar. 


ProPS didirikan pada tahun 2016 oleh 2 penggila digital yaitu Edi Taslim dan Ilona Juwita, dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di dunia penerbitan. ProPS menangani bidang yang terkait dengan product google publishing seperti Adsense, Ad Manager, Ad Exchange, Ad Manager:DPF SmallBusiness/Premium, Google Analytic 360 dan Google Policy

ProPS berkomitmen untuk menjaga klien tersegmentasi dan dengan niche yang berkualitas tinggi. Tingkat layanan yang diberikan oleh ProPS sudah memiliki reputasi yang tinggi di Indonesia dan Asia Tenggara.

Cara Memaksimalkan Pendapatan Melalui Monetisasi

Dari sekian banyak produk google, pada kesempatan belajar kali ini, kami diberikan pengetahuan mengenai cara memaksimalkan pendapatan iklan pada blog meskipun traffic blog kecil melalui monetisasi. Dengan slogan Smalller is Better jangan takut untuk tidak berpenghasilan melalui blog. Materi disampaikan langsung oleh founder sekaligus CEO ProPS yaitu Mbak Ilona Juwita. 

Founder dan CEO ProPS

Monetisasi ala blogger dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Melalui Content Marketing
2. Menjadi Social Influencer
3. Menempatkan link afiliasi
4. Pemasangan iklan
5. Berjualan produk digital

Namun ternyata dalam memonetisasi blog pun ada beberapa kendala. Diantara kendala yang seringkali terjadi dalam monetisasi adalah :

1. Website Performance
    Kendala yang biasa terjadi di website performance adalah small volume of traffic, page latency yang terjadi karena terlalu banyak plugin yang tidak perlu pada blog dan Quality Vs Non Quality Traffic contohnya pemasangan sosial media.

2. Layout Desain Website
    Viewability rendah dan layout website responsive sedangkan layout mobile tidak responsive. Pilihlah tema yang mobile friendly, karena sekarang hampir semua orang membuka informasi melalui smart phone.

Platform Monetisasi Iklan

Untuk memaksimalkan iklan pada blog, ada 2 platform google yang dapat digunakan yaitu :

1. Google Adsense 
   Penghasilannya melalui sistem Pay per Click (CCP), advertiser akan membayar atas setiap klik yang terjadi pada iklan yang ada di blog, namun harus hati-hati jangan sampai pemegang blog sendiri yang mengklik iklan tersebut, karena semua itu akan terdeteksi oleh google.

2. Google Ad Manager
    Penghasilannya melalui sistem Pay per Impression (CPM), advertiser akan membayar atas setiap iklan yang terlihat. Namun biasanya yang memakai Google ad Manager ini adalah klien premium.

Optimalisasi Platform Monetisasi 

Agar monetisasi iklan pada blog optimal, maka perlu dilakukan beberapa langkah optimalisasi platform, yaitu dengan cara :

  1. Memastikan source of traffic hanya dan hanya dari sumber yang berkualitas
  2. Pastikan penempatan iklan pada blog berada diarea dengan keterlihatan yang tinggi dan mempunyai potensi click yang tinggi pula
      3. Pastikan setiap slot iklan dapat menampilkan berbagai pilihan size iklan
     4. Google menawarkan berbagai tipe iklan, maka kita sebagai klien wajib mencoba   dan mempelajari untuk mengetahui keseluruhan potensi revenue yang dihasilkan untuk     setiap iklan yang dipasang

Peluang Besar Monetisasi

Apa sih peluang besar kedepan setelah kita memonetisasi konten kita? tentu kita mempunyai target dong. Nah, salah satu targetnya adalah meningkatkan International traffic yang mampu mendatangkan global audience. Kenapa harus global audience? karena melalui internet, pengunjung website bisa datang darimana saja. Termasuk mereka yang datang dengan bahasa yang berbeda. Untuk itu, jika memiliki kemampuan berbahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Arab, maka maksimalkanlah kemampuan tersebut. Namun, jika memiliki keterbatasan akan bahasa asing, maka bisa memilih penyedia jasa translator yang terakreditasi yang terpercaya untuk membantu konten yang telah dibuat.

Bagaimana cara membuat konten menarik untuk global audience?

  1. Tentukan target audience, apakah penduduk dengan negara berbahasa inggris atau bahasa lain
  2. Produksilah konten yang bersifat evergreen
  3. Konten boleh bertopik lokal, namun dibawakan secara relevan untuk global audience
  4. Pastikan tidak menggunakan konteks yang menyangkut budaya tertentu, karena biasanya akan sulit dipahami secara umum
  5. Hati-hati dalam penggunaan kata-kata referensi seperti jarak, berat, pecahan uang, karena setiap negara memiliki istilah yang berbeda
  6. Ketika menyajikan sebuah gambar, pastikan menggunakan gambar yang dipahami secara universal
  7. SEO, manfaatkan keywords yang populer di negara tersebut untuk kemudian ditempatkan pada konten
  8. Gunakan jasa translator yang terpercaya dan terakreditasi apabila memiliki keterbatasan bahasa

Jadi, kesimpulan yang aku dapatkan melalui acara #KEBelajar bersama ProPS ini adalah aku semakin paham fungsi iklan di blog itu untuk apa. Dan ternyata kita pun tidak boleh terpaku oleh pembaca blog di Indonesia saja, kalau memiliki kemampuan challengelah diri kita untuk menciptakan konten yang bisa mendunia, tentunya dengan menyajikan konten yang bisa dipahami secara universal dan berkualitas. Hmm, gimana yah perasaannya kalau blog kita itu famous di seluruh dunia? tak terbayangkan..

Kedepannya, semoga KEB dapat menyelenggarakan lagi event yang bermanfaat seperti ini di Bandung khususnya tentunya dengan tema menarik lainnya, contohnya tutorial foto dan video untuk blog, kiat mengikuti kompetisi blog ataupun kegiatan lain yang dapat menjembatani silaturahmi antar blogger Bandung. Sukses terus KEB dan tetap menginspirasi yah.

#KEBelajar Kolaborasi ProPS

You Might Also Like

46 Comments

  1. Kalau ada info lagi bareng mbak Mira non, aku sudah lama hilang kontak dengan beliau he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaap miss rajin pantengin grup sama medsos aja miss hehe

      Delete
  2. Infonya cukup lengkap, Teh. Sebelumnya, saya masih banyak roaming nih sama istilah-istilah di atas. Jadi mulai ada pencerahan, nih. Makasih Teh

    ReplyDelete
  3. Aku iri sama Solo, Jogja dan Bandung. Lah Jakarta belum ada acara KEB begini..hiks. Sarat ilmu.
    Aku pun pengin menchallenge diri dengan hal-hal di atas Mbak Mega..meski lola tapi yang utama semangatnya kan ya
    Makasih sharingnyaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru bukannya banyak event seru di jakarta yah mbak? Aku sering banget liat soalnya event-event bagus tapi dijakarta semua dibandung engga huhu. Semoga yah next bakalan ada lagi evemt seperti ini

      Delete
  4. Informasinya sangat bermanfaat buat saya, Mbak, terima kasih.
    Btw, asik ya, bisa belajar langsung.

    ReplyDelete
  5. Banyak banget sih event blogging di Bandung. Kan aku jadi cemburuh, hahaha ... Tapi ini penting banget dipertimbangkan, ya. Bolak-balik pengen belajar Google Adsense eh belum aku mulai juga. Cara-cara di atas memang jadi tantangan banget buat kita coba. Berhasil atau nggaknya belakangan, berani dulu aja. Halah, pinter ngomongnya doang aku ini wkwkwkwk ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun ngajui google ads entah kenapa kok terpending terus. Padahal ada yang baru bikin blog dan ga TLD sudah di approved google. Sedih aku tuh mbak. Tapi gpplah jangan terpaku karna itu yang penting konsisten aja dulu nulis. Yekaan

      Delete
  6. Senangnya yang di Bandung ya. Komunitas-konunitas blogger keren stay in-nya di Bandung. Jadi sering banyak acara di sana.
    Btw adsanse ku ke blokir mbak, gegara suami penasaran dibuka lewat akunku, huhuhu.
    Gimana cara ngatasinya itu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lewat support google mbak, kemaren belum bahas kalo ada diblokir yah. Kemaren banyaknga bahas mau daftar google ads dan kendala knapa blum di acc google nih kayak blog aku pending mulu ampe sekarang huhu

      Delete
  7. Pengen banget bisa ikut acara ini loh aku, tapi menyimak lewat tulisan teh Mega udah membantu daku juga nih. Semangat ngeblog !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya atuh teteh kenapa kemaren ga dateng? Tapi da teteh mah udah jago atuh secara mentornya aku hehe

      Delete
  8. Keren! Ini ilmu banget sih. Duh jadi pengen cepet2 praktek nih biar yahud berpenghasilan dari blog. Makasih mba sharingnya.

    ReplyDelete
  9. Kalau acara kayak begini ada di Makassar, saya pastikan sebagai peserta pendaftar pertama, hehehe...
    Kapan lagi dapat ilmu daging gini kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bun kapan lagi yah dapet ilmu daging free pula hihi

      Delete
  10. ternyata blog menjanjikan kalau tahu ilmunya. Terima kasih share ilmunya.

    ReplyDelete
  11. Keren banget acaranya. Tempo hari saya sempat ikutan acara KEB di MAkassar bareng mba Mira Sahid. Duh, kangen pengen ikutan lagi....

    ReplyDelete
  12. Seru pasti acaranya. Sayang aku belom bisa join euy. Balada makemak tanpa asisten ya gini. Tiap ada event langsung mlipir. Soalnya sudah pasti gakbisa dateng. Kecuali bole bawa buntut hehe. Padahal infonya kerrn banget ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah sayang banget yah mbak, tapikan si mbok mah anak-anaknya udah gede mbak, tinggal tunggu dibawah aja di cafe sambil ngegame hehe wifian hihi

      Delete
  13. Waaah ... Makasih udah sharing ini, Mbak. Bermanfaay banget buat namabah wawasan buat newbie seperti saya.

    ReplyDelete
  14. Okeh,, dah di bintangin
    Saya emank rencana mo bikin conten pakai b. Inggris
    Luar biasa infonya,, thanks ya mb ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren nih, udah bisa mendunia. Bayangkan traffic kita ga cuma dari orang Indonesia yang baca. Semangat yah mak

      Delete
  15. Makasih mba infonya, saya baru banget nulis di blog jadi masih agak asing dengan beberapa istilah :)

    ReplyDelete
  16. Konsistensi isi blog yang paling susah karena banyak tawaran menarik di luar ngeblog yang menarik juga. Sepertinya kudu fokus nih kalau income dari ngeblog mau melejit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes betul mak, emang harus konsisten nih kalau memang mau memaksimalkan pendapatan dari blog, jangan bercabang hehe. Aku sih jujur masih belum bisa jadi full blogger mak, masih newbie masih belajar hehe

      Delete
  17. Informatif sekali artikelnya mba, biasanya dpt info2 event kaya gini dari mnaa mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba gabung di grup facebook mbak, banyak informasi event atau job biasanya mbak. Semoga membantu yah

      Delete
  18. Masya Allah, acara yang kereen nih Mbak. Saya ndak paham banget soal google adsense dan keberadaan iklan di blog. Alhamdulillah, setelah baca artikel Mbak, sedikit ada bayangan deh. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah sama-sama mbak aku juga awalnya ga tau jadi tau deh sekarang

      Delete
  19. Waduuh, aku malas banget belajar english, gimana mau nulis yang mendunia? Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan bisa pake jasa penerjemah yang memang sudah bersertifikat sehingga ga diragukan lagi nih. Aku juga penasaran pengen bikin blog pake bahasa lain hihi

      Delete
  20. Wah, acaranya isinya daging semua ya mb...full pemgetahuan yang harus dipahami narablog kalau ingin memonetisasi blog...tfs mb...

    ReplyDelete
  21. saya baru ngeh kalau ternyata iklan juga harus diletakkan di posisi yang strategis ya. selama ini pasang afiliasi sembarangan aja. nggak ngeh kalau harusnya posisinya diatur juga. makasi mbak sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak jangan sembarangan. Yang penting saat di buka di HP itu tetep keliatan dan ga mudah ke scroll

      Delete
  22. Seru yaa ngumpul dan dpt ilmu ttg blogging. Wah keren memonetisasi blog. Bisa jd tmbhn pnghsilan. Mupeng nih...��

    ReplyDelete
  23. wah ini nih meetup yang seru dan berkualitas ya mbak..apalagi ada Mbak Mira Sahid.aku juga lagi getol banget pingin bisa memonetize blog dan jadi social influencer..hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa mbak aku pun cita-cita ingin jadi social influencer nih. Semoga yah dapet jalannya

      Delete
  24. Even yang seru ya mbak, apalagi ada cara tentang memonetisasi platfotm blog. Pengen deg kalau ada acara seperti ini ikut gabung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau ada lagi loh acaranya dijakarta. Kalo ga salah lewat blogger perempuan. Mungkin bisa dicoba untuk daftar mbak. Eh tapi mbak domisilinya dimana?

      Delete
  25. Asyik nih mba acaranya. Blog memang bisa menghasilkan, entah iti dari ads atau iklan lainnya.Soal audience international, memang harus dipertimbangkan juga.

    ReplyDelete
  26. senang banget ya bisa hadir diacara yang keren banget ini, ya. Saya juga sedang belajar mendapatkan penghasilan dari blog, juga sedang belajar menulis artikel yang baik. semoga dari yang kecil ini kelak akan menjadi besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mbak lagi belajar mulai memaksimalkan pendapatan lewat blog meskipun blog aku belum monotize sih hehe masih campur sari

      Delete
  27. Komunitas yang keren dan sangat bermanfaat ya mbak. Saya senang dg yang beginian. Tks sharingnya mbak Mega🤗

    ReplyDelete
  28. Istilahnya banyak yg baru ditelinga blogger pemula sprti sy. Serunya bisa dapat materi daging dr mentor2 yg udah pro. Kalau di bali ada acara begini, sy juga mau ikut.

    ReplyDelete
  29. Wah makasi banyak teh Meg buat sharing monotise blog ini, banyak PR banget ya kita. Yuk yuk semangat!

    ReplyDelete
  30. Nah penempatan iklan ini ternyata ngaruh, ya. Aku suka sebel sih kalau ada iklan yang ganggu pas lagi asik baca, atau baru aja masuk tiba-tiba ditodong iklan segede gaban. Atuhlah, ini berasa baru masuk dept store trus dikintilin spgnya yang bawel nawarin ini itu, akhirnya ku malah jadi kabur dan ga lanjut baca hahaha

    ReplyDelete

Contact




Email : megharachma3105@gmail.com
Whatapps : 085221555924

Popular Posts