Freckles, Why Not !

February 08, 2019



Freckles Why Not!

Dari beberapa bulan yang lalu, dunia kecantikan heboh dengan trennya freckles make up, bukan flawles loh hehe. Freckles atau sering kita sebut dengan bintik hitam pada wajah maupun bagian tubuh. Mungkin kalau kita melihat selebritis dari dari luar negeri atau dari Amerika Latin pasti sudah tidak asing lagi dengan freckles.


Nah, katanya sih tren freckles make up ini berawal dari make upnya Meghan Markle pas lagi nikahan. Bahkan yang terbaru adalah postingan artis Agnes Monica yang memperlihatkan freckles diwajahnya, yang tetap dinyinyirin netizen yang bilang itu komedo. (Duh netizen yang maha benar, pliss itu bukan komedo)



Saking trennya pula, sampai ada beberapa aplikasi kamera pada ponsel yang sengaja menyediakan fitur freckles. Sebegitunya yah.

Apa sih Freckles itu


Freckles atau bintik-bintik coklat pada kulit. Namun terkadang, freckles bisa bervariasi warna dari mulai dari kemerahan, kuning, coklat, coklat muda, hingga hitam. Uniknya freckles ini dapat terlihat jelas apalabila kulit langusng terkena sinar matahari. Freckles ini seringkali muncul secara berkelompok mulai di pipi, hidung, lengan sampai dengan bahu bagian atas. (jadi inget drama si Marimar yah, aw dong hehe)

Freckles ini merupakan bintik-bintik kecil melanin pada kulit. Melanin adalah protein yang menghasilkan warna kulit, mata, dan rambut pada manusia. Jika melanin tersebut diproduksi terlalu berlebihan di dalam tubuh, maka akan memunculkan bintik-bintik pada kulit yang disebut freckles

Freckles ada dua jenis yaitu freckles normal dan Sunburn freckles
  • Freckles normal itu adalah adanya bintik-bintik berwarna pada klit yang timbul secara berkelompok akibat kelebihan melanin.
  • Sunburn Freckles adalah freckles yang terlihat lebih besar dan gelap. Sunburn freckles ini muncul di kulit apabila seseorang sering terbakar sinar matahari seperti dipunggung maupun bahu. (Oh..pantesan bule-bule banyak banget yah frecklesnya sebadan-badan kadang)
Perlu diketahui yah freckles ini tidak membahayakan ataupun bukan merupakan gejala kanker kulit.

Kenapa sih aku membahas freckles? karena freckles di Indonesia ini masih sering dianggap sebagai kekurangan pada diri seseorang, terlebih lagi mayoritas kulit orang asia jarang kan yang punya freckles dari kecil. Hah? dari kecil? yuk nanti aku jelaskan.

Based on true story, jaman aku sekolah aku sempat dibully dikatain orang Mexico, kayak Marimarlah karena ada frecklesHampir putus asa dan kepikiran buat ngilanginnya gimana yah. Akhirnya aku konsul ke dokter kulit. Jawaban yang aku dapat dari dokter kulit saat itu adalah gak masalah kok sebenarnya, karena umurku juga masih abg, aku hanya di suggest untuk memakai sunblock saja dan hindari sinar matahari. Solusi kedua adalah menghilangkan dengan melakukan laser pada wajah. Pas tahu biaya lasernya yang gak murah, dan gak cukup sekali, aku mengurungkan niatku. Bismillah terima saja apa yang sudah Allah ciptakan.

Alhamdulillah seiring berjalannya waktu, aku makin percaya diri dengan frecklesku ini dan tidak mengganggu sama sekali.


Aku dan Frecklesku


Faktor Penyebab Freckless

Jadi, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadi freckles pada wajah maupun bagian tubuh lainnya, diantaranya :

  • Keturunan : diturunkan secara genetik (nah ini termasuk faktor yang menyebabkan aku freckles)
  • Orang-orang yang memiliki kulit dan mata yang berwarna terang pasti akan cenderung memiliki freckles (ini pasti bule-bule yekan)
  • Sering terkena paparan sinar matahari dalam frekuensi yang lama, misalnya sunbathing
  • Sedang melalukan perawatan hormonal 

Cara Perawatan Bagi Orang yang Freckles

Nah, untuk yang mempunyai tipe wajah yang freckles kayak aku dan ingin merawatnya, berikut ada beberapa cara mudah agar freckles kamu bisa terkontrol dan tetap nyaman dipandang :

  • Selalu menggunakan sunblock (tabir surya) dengan SPF yang sesuai dengan kulit (ini cara yang sudah aku lakukan)
  • Selalu lindungi bagian kulit kamu dari paparan sinar matahari langsung, misalnya dengan menggunakan topi, jaket, dan karena aku berhijab aku sering pakai masker.
  • Memakai payung bisa menjadi pilihan dikala sedang keluar pada saat siang hari
  • Membatasi aktivitas luar ruangan 

Nah, itu dia bahasan tentang freckles. Buat kamu yang memiliki freckles genetik seperti aku don't worry itu bukan penyakit atau kekurangan kamu. Menurutku itu ciri khas yang Allah beri untuk kita. Kita cukup bersyukur dengan kelebihan dan kekurangan yang kita punya. So, Freckles Why Not.



**tulisan ini diikutsertakan dalam challenge SETIP with Estrilook Community 

You Might Also Like

58 Comments

  1. Freckless ini ngetrend banget ya di orang bule, hehe padahal saya pribadi maunya sih bebas noda wajah ini heheh, tapi freckless lucu ya kalau diwajah orang cantik

    ReplyDelete
  2. Jadi tau deh istilah freckless, sering lihat di instagram. Yang pas booming boomingnya itu waktu nikahan megan markle ya. Malah yang agnes aku nggak tau xixixi

    ReplyDelete
  3. Saya liat fotonya, enggak keliatan teh, frecklesnya hehe... Yang penting bersyukut dan dirawat yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena HPnya aja mbak. Kamera HPnya terlalu canggih heheh jadi gak keliatan

      Delete
  4. Orang pada bikin sengaja di freckless-in eh Mbak Mega malah asliiii punya freckless nya. Jadi mesti bersyukur toh ya
    Memang aneh-aneh tren nya ya...yang enggak biasa malah terangkat jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener suka aneh-aneh aja nih tren yang ada. Yang ga ada diada2in dan yang udah ada dilupa-lupain wehehe semoga apapun itu kita ga lupa bersyukur yah

      Delete
    2. Betuuul, jangan lupa bersyukur, ada lebih dan kurangnya diri memang sudah jadi kehendak-Nya.
      Aku malah iri sama yang ada freckless begini hihihi..kok unik ya kelihatannya, jadi beda cantiknyaaa:)

      Delete
  5. Hihi kalo saya pengennya klin and klir malah.. tapi yang penting sehat ya. kulit terawat dan bersih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya mah karena sudah begini dari lahirnya yaudah diterima aja yang penting di maintance bukan biar terawat dan bersih

      Delete
  6. ooo baru tahu...tapi lucu kok klo lihat model yg ada frecklessnya..

    ReplyDelete
  7. nggak nampak lhoo freckles di foto mbak mega. di wajah ibu, kakak, budhe, bulik saya ada bercak2 coklat setelah mereka setengah baya. itu freckles juga ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk itu kamera ponselnya terlalu canggih mba. Padahal ga saya edit loh. Banyak macemnya mba, bisa jadi kalo masa mudahnya ga ada bercak dan pas tua ada itu memang gejala perubahan kulit mba. Harus dikonsultasikan ke dokter kulit biar tau itu freckles, atau flek

      Delete
  8. Kalau lihat orang² Latin ada freckelnya, saya anggap wajar tapi kalau orang Indonesia yang freckle, malah gak wajar. Mungkin di situlah letak kesalahan pemikirannya. Sesuatu yang tidak biasa sering membuat seseorang menganggap itu sebagai ketidakwajaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul ini yang menyebabkan aku pernah dibully disekolah mbak. Dikatain orang mexico dan lainnya. Lah gimana orang muka ini Allah yang kasih toh. Hehe sekarang ya dirawat aja mbak toh engga mengganggu

      Delete
  9. Istimewa.
    Aku suka banget sama biuty blogger yang bisa menjadikan hal-hal unik ini terlihat cantik.

    Jadi ingat acaranya Jedar di Ngopi Dara bareng Nia Ramadhani.
    Mereka kasih tips biuty mekap bikin freckless di wajah yang simpel banget.
    Kyuutt juga yaa...

    ReplyDelete
  10. Saya sempet ada warna coklat di sekitar bahu, dan payu dara, tapi akhirnya hilang sendiri. Sekarang bersih lagi.

    ReplyDelete
  11. Sering liat org2 bule biasnaya punya freckless. Eh tapi skrng malah freckless jadi semacam trend make up gtu ya mbak hehe. Tapi lucu sih :D

    ReplyDelete
  12. Nah makanya bule bule memang suka berjemur untuk mendapatkan freckless ini ya mba. Aku jadi ingat temanku ada yang punya freckless sejak kecil karena keturunan

    ReplyDelete
  13. Freckless di wajah ini identik dengan bule ya. Ternyata tidak hanya bule yang kena freckless ini ya. Yang penting bukan kelainan kulit yang berbahaya dan harus dirawat secara benar ya..

    ReplyDelete
  14. Ihihi manusia emang suka aneh yes. Yang bopeng pengen mulus. Yang mulus pengin keliatan jelek. Nah saya mah kalo dipoto bukannya freckless tapi bekas jerawat yang keliatan bhahaha.. pisss

    ReplyDelete
  15. Hmm, kalau yg di muka saya kayaknya masuk kategori flek, Mbak. Tapi jadi PD dah, anggap aja freckless, hihi...

    ReplyDelete
  16. Saya baru mau konsul ke domtet kulit mbak tentang plek hitam di wajah saya, eh sama nggak sih kayak freckless gitu, hehe.....

    Ah tapi setelah baca postingan ini, jadi mikir lagi deh haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dikonsulin aja dulu bun takut bukan freckles. Tapk ya selama tidak mengganggu dimaintance aja bun mukanya

      Delete
  17. Ada lho temanku yg wajahnya ada frecklessnya, tapi katanya sih gak cocok KB

    ReplyDelete
  18. Ternyata namanya freckles, to. Hehe kudet saya.
    Udah liat dari kecil sih pas nonton Maria Mercedes tapi ga tau istilahnya. Aktris2 Mexicano tetep pede kok ya, pake baju bagian depan terbuka gitu.
    Eh,skrg dijadiin tren make-up? Hehe... Aya2 wae.
    Kalo saya gada freckles tapi bekas jerawat, hehe

    ReplyDelete
  19. Ooo aku baru tau nih soal freckle. Kakak iparku kayak gini, Mbak. Jadi dia warna matanya itu coklat terang, kulitnya putih dan kelihatan bintik-bintik gitu. Aku pikir kenapa? Jangan-jangan freckle yaaa.

    ReplyDelete
  20. Di indonesia, cantik itu mulus ya mbk... Ada Freckles langsung kena nyinyir...hehe
    Eh, sekarang malah jadi trend

    ReplyDelete
  21. Wow! Aku malah baru tahu banyak orang jadi kepengen punya freckless sebagai efek dari Meghan Markle. Buat orang-orang yang sangat memerhatikan penampilan, mungkin bakal merasa terganggu banget, ya. Melakukan segala cara buat menghilangkan termasuk pakai laser yang mihil itu. Tapi selama nggak berbahaya, woles sajalah. Anggap aja jadi seksi eksotis gitu, kan? Hihihi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's right mba anggep ajalah itu ciri khas kita bukan hehe. Asal dirawat aja si frecklesnya biar ga tambah banyak

      Delete
  22. Ya Allah, orang zaman now itu sungguh kreatif. Saya dulunya menyangka kalau freckless itu adalah khas kulitnya orang bule. Orang Indonesia ndak boleh punya, eh ... apa seh.

    Tuh si Agnesmo malah ikutan juga makeup pakai freckless, ck ..ck... ada-ada saja.

    Tapi mbak yang punya freckless justru tampak cantik loh.

    ReplyDelete
  23. Wahh Mbak Mega pasti cantik, mirip bule. hehe
    Bukannya banyak orang yang pingin terlihat mirip bule, ya mbak?

    Yang dulu suka nge-bully pasti jadi pingin berwajah seperti mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah mbak. Aku ga kaya bule kok. Aku selayaknya orang asia saja. Hehe. Biarlah yang ngebully dulu itu dianggap ujian biar aku makin bersyukur atas apa yang aku punya hihi

      Delete
  24. Baru tahu ada freckless. Duh, kelihatn banget ya, kudetnya soal penampilan. Terma kasih sharingnya.

    ReplyDelete
  25. Kalo saya memang ada alerginya...jadi ada titik titik gitu. Dulu pernah di laser dan itu enggak nyaman. Enggak boleh kena sinar matahari. Kalo kena ya, tumbuh lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalah gitu bun ternyata kalo dilaser itu ga jaminan bakalan ilang sepenuhnya yah. Aduh Alhamdulillah dapet info ini. Udah mah harganya lumayan dan ga cukup 1x ternyata hasilnya juga sama aja yah ternyata

      Delete
  26. Orang luar rela bayar berapapun untuk bisa frackless tapi kitaaaa rela bayar berapa pun untuk sebaliknya aneeeeh

    ReplyDelete
  27. Lebih kepada sosial culture berarti ya teh sering kita sulit menerima diri sendiri karena dorongan negatif dan sugesti dari lingkungan. Iklan di TV masih menyiratkan perempuan cantik dengan kulit bersih bebas noda. From now on embrace ourshelves :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul nih teh. Opini kita cenderung ke perempuan kulit putih bersih karena kita tinggal diasia terutama indonesia. Coba kalo dibelahan bumi yang lain mungkin opini kita pun akan berbeda

      Delete
  28. Yg gk punya frechless mlh pngen frechless. Yg punya mlh pngen bebas. Hehe...ya begitulah manusia....������

    ReplyDelete
  29. pake sunblock udah jadi keharusan aku banget sih dalam beraktivitas, aku sendiri masih takut punya bintik hitam di wajah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul akupun wajib sunblock. Pelembab ga terlalu tp sunscreen mah kudu hehe. Aww tenang aja kamu kan masih muda sayang

      Delete
  30. Hahahaha numpang ngakak dulu,
    Dan mau menyapa hunung2 di wajah, haloo..haloo..

    Duh yaa, aku suka bintik2 ini menambah wajah biar bervariasi, Megaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh si teteh yang satu ini di dunia maya ngakak didunia nyata ngakak oge. Kade atuh teh ah hehehe aku juga suka teteh biar ada ciri khas yah

      Delete
  31. aku punya freckless di deket hidung awalnya ku pikir komedo tapi pas diliat liat bukan

    ReplyDelete
  32. Aku baru tau freckles itu dr sinar matahari juga. Btw kalau flek tuh termasuk freckles bukan ya teh?

    ReplyDelete
  33. Emang yaa freckless ini dari tahun lalu lagi booming banget gara-gara liat kecantikan Meghan Markle yang pede sama tampilan natural dengan frecklesnya hihi

    ReplyDelete
  34. Alangkah kudetnya saya tentang make up trends, baru tahu ternyata freckles pun menjadi trend. Eh, btw kalau 'kokoloteun' itu beda atau masih satu family sama freckles, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes teh kokoloteun and hunung is the same of freckles. Hahaha

      Delete
  35. Teh megaah ad freklesnya juga tetap geulisss teeh hehe

    ReplyDelete
  36. Dulu aku sempet worry sama beberapa bintik di muka aku..sampe akhirnya di laser dan skrg udah hilang malah pada doyan freckless makeup haha..mestinya aku bersyukur saja ya heu.. teh mega juga cantik banget!

    ReplyDelete
  37. malah bikin muka keliatan lebih cantik yaaa...sekarang keknya lagi musim

    ReplyDelete
  38. tadinya aku masih bingung kenapa sekarang make up jadi ada bintik-bintiknya hhee...makasih sharingnya

    ReplyDelete
  39. Duhh, aku banged nih, mulai usia kepala 3 muncul freckless, dan pengen banged ngilangin, dan kemudian booming gara2 Meghan Markle, yo wes lahh terima aja apa adanya, toh suami juga gak pernah komentar ini, hihii...

    ReplyDelete
  40. dari dulu pas mulai suka nonton film barat, suka merhatiin bintik2 hitam di wajah ini tapi gak tau namanya, sekarang baru tahu namanya freckles toh..tapi mbak mega mah gak keliatan frecklesnya dan tetap nampak cantik kok

    ReplyDelete
  41. Trend freckless ini malah ada penunjang skincare nya lho teh, semacam kayak sheet mask gitu. Jadi saat d peel off, dia nempek gitu freckless nya wkkw. Teteh mah teteeeep cancik

    ReplyDelete
  42. Justru sekarang ini freckless lagi musim ya. Semua pada make up pake freckless. So don't worry kalo punya freckless

    ReplyDelete
  43. marimar, aw.. haha jadi keingetan lagunya deh. freckles kalo orang indonesia sih jarang jadi kelihatan aneh, karena pigmen kulit kita kan cenderunglebih gelap. kalaupun ada ya gapapa, yang penting sehat

    ReplyDelete
  44. Nggak kelihatan freckless nya mbakkk... hehe.. dlu sy jg sering liat temen2 sy punya freckless pas masih kecil, sy kira malah karena keseringan main di panas matahari...

    ReplyDelete