[Tips - Cermat Belanja Bulanan]

August 20, 2018




Assalamualaikum, setelah beberapa purnama aku ketinggalan untuk ikut joint collab with Bandung Hijab Blogger, kali ini aku gak mau ketinggalan kesempatan lagi. Nah, di tema minggu ketiga ini setiap orang harus share minimal satu tips yang bener-bener bermanfaat dan pastinya nambah ilmu juga.

Oke deh, kali ini aku bakalan sharing tentang belanja bulanan. Belanja bulanan? apa sih itu? biasanya kalimat ini udah sering banget kita denger, bukan cuma buat emak-emak aja tapi para ABG juga suka nyebut kalimat ini.

Kenapa sih harus belanja bulanan? gak belanja harian atau belanja mingguan? Nah, biasanya konotasi belanja bulanan itu menurut aku berarti belanja kebutuhan pokok, seperti beras, minyak, dan kebutuhan rumah tangga lainnya yang memang sifatnya jangka panjang. Sedangkan belanja harian dan belanja mingguan lebih bisa diartikan jajan atau untuk menuhin kebutuhan sewaktu-waku. Bener gak nih?

Seringkali pada kenyataannya kalo udah belanja bulanan terutama emak-emak suka lupa akan mana kebutuhan dan mana kemauan. Hayoh... ngaku deh bener kan? Apalagi kalo udah liat tulisan 'Sale'.

Nah, kali ini aku bakalan bagiin beberapa tips dalam mempersiapkan belanja bulanan yang bijak ala aku tentunya.

1. Tentukan Budget Belanja Bulanan

Source : pixabay.com
       Kayaknya tentang hal ini kebanyakan orang-orang gak ngeuh deh. Banyak yang asal belanja bulanan tau-tau pas bayar di kasir malah overbudget. Gak mau dong tabungan kita habis hanya untuk menuhin belanja bulanan doang? Kalo aku biasanya, udah menyisihkan uang tunai yang memang dikhususkan untuk budget belanja bulanan, biar gak perlu lagi gesek debit card.

2. List Kebutuhan yang Diperlukan

Source : pixabay.com

        Setelah tau budget belanja bulanan berapa, kita bisa langsung bikin list barang-barang atau kebutuhan pokok apa yang memang kita butuhkan selama sebulan. Namanya juga belanja bulanan, jadi pastikan memang untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Oiya dengan list ini, bakalan sedikit menerka-nerka harga dari barang yang akan dibeli apakah masuk budget atau overbudget. Bisa juga memilah barang mana yang sifatnya urgent harus dibeli mana yang tidak.

3. Konsisten

Source : pixabay.com
       
       Kenapa sih harus konsisten? Ini nih yang biasanya disepelein. Biasanya ketika kita sudah berada di department strore, kita suka tiba-tiba amnesia dengan list kebutuhan yang udah kita buat. Apalagi kalo kita udah lihat tulisan 'Sale' , 'Buy 2 get 1', atau 'Promo hanya sampai hari ini' dan kalimat persuasif lainnya. Kalo udah terbujuk dengan kalimat persuasif yaudah deh, kebutuhan bakalan menjadi kemauan. (ngingetin diri sendiri).

4. Cermati Barang yang Akan Dibeli

Source : pixabay.com
       
       Ini salah satu point yang gak kalah penting. Kita harus bijak dan pintar saat berbelanja. Seperti apa sih? Salah satunya adalah selalu melihat masa residu suatu produk. Pernah gak? atau seberapa sering sih kita main ambil aja produk tanpa memperhatikan masa kadaluarsa produk tersebut? Soalnya aku pernah banget, main ambil makanan dan lumayan banyak isinya ternyata tanggal kadaluarsanya tinggal 2 hari lagi. Alhasil, makanan itu harus cepet-cepet kita habiskan kalo enggak mubadzir kan. Jadi, kudu lihat baik-baik kemasan dan tanggalnya kalo bisa lihat juga ingredients produk tersebut.

5. Review Nota Belanja
Source : pixabay.com
       
        And the last, ini adalah hal yang selalu aku lakuin. Review lagi nota belanja yang udah kita dapet dari kasir. Kenapa harus direview? kasir juga manusia loh, kadang bisa lalai juga kalo udah lihat antrean panjang yang bikin gak konsentrasi. Pernah nih kejadian keinput 2 kali atau kita cuma beli 2 diinput 3. Pernah gak ngalamin itu? nah, buat jaga-jaga biar gak terjadi sesuatu yang gak kita inginkan maka dual control diperlukan. Kalo aku biasanya di checklist satu per satu item yang dibeli dan disesuaikan, tentunya kalo udah sampai rumah yah dan hari itu juga. Biar kalo terjadi sesuatu bisa diselesaikan dengan cepat.

        Gimana tipsnya? gampang banget kan buat diaplikasikan saat belanja bulanan? Semoga bermanfaat yah. Aku tunggu tambahan tips lainnya. Sampai jumpa ditulisan selanjutnya.

You Might Also Like

31 Comments

  1. Tfyi teh megha.. bermanfaat euy, kadang suka lupa review nota belanja huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mulai dibiasain review loh biar kecek barang2nya

      Delete
  2. tips nomer 5 masih belum euy, harusnya emg double check ya biar tertib keuangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul teh, kalo aku selalu dicek selain takut kejadian terulang lg jadi aku bisa tau biayanya abis berapa, ayoo dicek bebicek lagi

      Delete
  3. Waw... Bagus banget tulisan nya cus akh peraktekan

    ReplyDelete
  4. Selalu tergiur sama buy 2 get 1 free pasti dibeli

    ReplyDelete
  5. Kadang suka lemah kalo udh liat diskonan dan kepancing buat beli padahal gak butuh2 banget :(

    ReplyDelete
  6. Susah banget yah nahan godaan sale itu, ujung-ujungnya malah suka beli yang ga berguna :-D

    ReplyDelete
  7. Aku jarang banget ngereview nota belanja, soalnya kalau mau ambil barang lihat dulu terus sebelum sampe kasir udah ceki-ceki harga total. Kalau melebihi jauh baru aku telususri, kalo nggak biasanya sih nggak aku cek, hihii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi mending direview mba takutnya ada yg keinput 2 kali ato tiba2 ada barang yg gak kita beli malah kemasukin

      Delete
  8. Kenapa yah setiap belanja bulanan yang udah ditulis tuh ada aja yang kelupaan dibeli barangnya hahaha, lain kali aku mau review notanya ah soalnya tiap belanja suka langsung buang :))

    ReplyDelete
  9. Cucok mbak, aku banget ini tipsnya. Memang sudah aku laksanakan sih, secara sebagai singgel mom yg pendapat nya ya cuma dari saya sendiri jadi emang kudu kenceng ikat pinggang. Biar bisa sesekali aja anak happy happy meski cuma di toko buku atau makan diluar. Review nota ini wajib banget sekalian mengingat kan diri kalau belanjanya khilaf.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benr mba, jadi bisa ke kontrol yah semua pengeluaran2 kita dan bisa bener2 di hayati dan cermati lagi kiira2 overbudget ato engga

      Delete
  10. Makasih banget tipsnya mbak, saya sering kebablasan budget belanja bulanan

    ReplyDelete
  11. Tipsnya ike juga mbak.
    Meskipun saya jarang belanja bulanan, sukanya mingguan mbak. Secara depan rumah ada pasar perumahan.
    Tapi bisa dipraktekkan nih, tipsnya;)

    ReplyDelete
  12. Berul mbaa..ngereview nota belanja ampuh banget ngontrol belanjaan kitaπŸ˜€

    ReplyDelete
  13. penting banget itu review nota belanja, karena kasir kadang suka keceletot ya, belinya 1 masukinnya 10 item di notanya, kalau udah gitu suka sedih akutu

    ReplyDelete
  14. gampang banget dibaca dan diucapkan tetapi sulit dilakukan, hehehe...nunjuk diri sedniri. Kalau sudah lihat diskon, ampun Mak! lebih sering tidak tahan.

    ReplyDelete
  15. Nomor tiga yang susah, karena saya belanja bareng sekeluarga. Akhirnya catatan belanja dari rumah ketumpuk sama barang yang diambil suami dan anak, aku beli ini Bu..aku beli itu Bu...duh, wassalam deh catatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha kebayang mba..i see i see mba itu diluar expektasi kita yah

      Delete
  16. Nah ini, aku kalau lupa bikin list mesti trus berantakan. kalau nggak budgetnya yg membengkak ya banyak yg kelupaan. Jadi emang penting bgt bikin list belanja itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang harus bikin mba list belanja biar bener2 tau yg dibutuhkan mana yg gak penting mana

      Delete
  17. konsisten ini yang paling suliiit mbak. Aku susah banget nyatet teratur keuangan keluarga, hiks

    ReplyDelete
  18. Wkwkwk ...aku tuh paling ga bisa diginiin. Pas rajin iya ditulis...ampe jajan aqeela ke TPQ yang dua ribu perak juga ditulis. Tapi lebih banyak malesnya mba. Yang aku masih rajin ampe sekarang adalah ngumpulin nota belanjaan dan resi atm. Ampe dompet penuh padahal mah isinya kertas dan resi atm 🀣🀣

    Thank you infonya mba... mengingatkan saya bahwa penting banget konsisten ttg keuangan biar ga bingung pas tengah bulan tau-tau setok menipis. Hehe

    ReplyDelete
  19. pencatatan selalu pencatatan...kalau belanja diikuti anak...pasti deh Si Aku suka diluar dugaan Belanjanya...

    ReplyDelete
  20. Hahah, bener juga. aku tu sering banget ni ke supermarket niatnya beli sabun cuci muka. trus kan kayaknya ga puas gitu ke supermarket cuma 10 menit, jadilah muterin seluruh lantai supermarket dan pas ke kassa udah bawa keranjang belanja dan isinya barang2 yg tadinya gak niat dibeli. penting nih bawa catetan buat standard dan alat buat bantu menyadarkan hasrat belanja

    ReplyDelete
  21. Pengen detil gitu setiap blnja bulanan, dicatet n direview nota-nota. Tapi kadang sampai rmh pegang kerjaan lain, lupa dehhh...😊

    ReplyDelete
  22. Tipsnya ike juga mbak.
    Meskipun saya jarang belanja bulanan, sukanya mingguan mbak. Secara depan rumah ada pasar perumahan.
    Tapi bisa dipraktekkan nih, tipsnya;)

    ReplyDelete
  23. Review nota belanja itu bikin sediiih hahahha

    ReplyDelete

Contact




Email : megharachma3105@gmail.com
Whatapps : 085221555924

Popular Posts